PGRI

............

holiday angkasa wisata
Palembang

Razia Masker Kembali Digelar, Banyak Wilayah Palembang Masuk Zona Merah

 

SumselMedia.com, Palembang-

Buntut dari meningkatnya jumlah kelurahan yang masuk ke zona merah Covid-19, razia masker di pasar tradisional akan terus digalakkan. Terlebih saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang dua pekan kedepan.

Mulai Rabu (21/4/2021) ini, pasar tradisional akan kembali mendapatkan pengawasan intensif dengan dilakukannya patroli rutin oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan menggelar razia masker.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, Satpol PP sudah diinstruksikan untuk bergerak baik pasar tradisional, modern, dan tempat umum lainnya. Masyarakat juga dituntut untuk 3M, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan dan pakai masker.

“Saya minta tadi ke Kasat Pol PP untuk kembali patroli sesuai zonanya tolong ditempatkan petugasnya agar dapat mengawasi kerumunan dibeberapa pasar,” katanya usai mengunjungi Pasar Padang Selasa, Rabu (21/4/2021).

Untuk sanksi, Pemerintah Kota Palembang tetap mengacu pada Perwali adaptasi kebiasaan baru dan menyesuaikan dengan juknis PPKM. “107 Posko sudah dibentuk. Fungsinya Posko ini adalah 3T agar bila ada masyarakat yang terindikasi Covid-19 dapat dilakukan isolasi dan penangan,” katanya.

Banyaknya kelurahan zona merah di Palembang, dijelaskan Dewa karena pada PPKM tersebut memiliki perhitungan yang lebih mikro. Bila ada lebih dari lima rumah saja yang terdapat kasus aktif maka masuk dalam zona merah.

“Kita meminta hasil laporan dari tim pengawasan di tingkat kelurahan setiap hari, agar bisa diketahui kondisi perkembangan kasus yang ada di kawasan tersebut,” katanya.

Dengan mengoptimalkan posko diharapkan akan bisa menekan angka penyebaran Covid-19. Sebab, fungsi penting dimiliki posko dengan tim terpadu guna memberikan edukasi agar lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Saya minta agar koordinasi lebih dioptimalkan lagi. Disini sudah ada Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, camat, lurah yang harus lebih proaktif sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19,” katanya.

Dewa berharap masyarakat juga turut mendukung PPKM dengan kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan pula. “Tanpa dukungan masyarakat juga tak akan efektif, semua kerja bareng agar bisa keluar dari zona merah,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button