PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

1.198 Lulusan Sandang Gelar Baru, Ini Pesan Rektor UIN Raden Fatah

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof.Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si meminta kepada seluruh alumni UIN Raden Fatah agar membumikan moderasi beragama. Hal ini ia sampaikan saat memberikan kata sambutan pada pelaksanaan wisuda ke-81, di Academik Center (AC), Rabu, (29/6/2022).

Menurutnya, membumikan moderasi beragama di Indonesia itu adalah sebuah keharusan.

“Karena memang kondisi masyarakat yang kurang itu, mau tidak mau kita tidak bisa memaksakan bahwa orang harus punya perilaku beragama yang sama dengan kita, jadi tidak hanya inklusif saja tetapi juga eksklusif,” kata dia saat ditemui usai pelaksanaan wisuda.

“Untuk perilaku kita sendiri, kita bersikap eksklusif artinya bagaimana mengamalkan ajaran agama sebaik mungkin sesuai dengan pemahaman kita, tetapi bagaimana kita mengekspresikan kepada orang lain, baik yang seagama maupun beda agama, ya kita harus inklusif, tidak bisa kita mengatakan kita yang terbaik,” ujarnya.

Untuk itu ia berpesan kepada seluruh alumni UIN Raden Fatah Palembang, agar bisa memahami moderisasi beragama.

“Jadi pesannya kepada mahasiswa tadi sudah saya sampaikan, pertama pahami moderasi beragama itu seperti apa, jadi harus punya pemahaman yang baik terlebih dahulu. Kalau dia sudah punya pemahaman yang baik, maka yang kedua terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, bagaimana kita berinteraksi, bagaimana kita beragama, bagaimana mengekspresikan agama kita di tengah komunitas yang majemuk, dan yang ketiga kalau mungkin kita juga mengajak orang lain untuk melaksanakan atau menerapkan moderasi beragama,” pesannya.

Untuk diketahui, ada sebanyak 1198 wisudawan dan wisudawati yang mengikuti pelaksanaan wisuda hari ini.

Diantaranya Fakultas Hukum dan Syari’ah berjumlah 125 orang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan berjumlah 544 orang, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam berjumlah 76 orang, Fakultas Adab dan Humaniorah berjumlah 38 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi berjumlah 154 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berjumlah 133 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berjumlah 45 orang, Fakultas Sains dan Teknologi berjumlah 34 orang, Fakultas Psikologi berjumlah 42 orang, serta Pascasarjana berjumlah 7 orang.

Adapun mahasiswa berprestasi yakni Program Dokter (S3) Aan Suparman, Fakultas/jurusan : pendidikan agama islam, Ipk : 3.63, Program magister (S2) Lukman Hakim
Fakultas/jurusan : Ilmu al-quran dan tafsir
Ipk : 4.00 dan Program strata (S1) Tut Wuri Handayani, Fakultas/jurusan : Pendidikan Islam anak usia dini Ipk : 3.97.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button