Pendidikan

Bantu Sukseskan KBM Ditengah Pandemi, Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Vidio Pembelajaran di SMA Karya Ibu Palembang

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Gelombang Pandemi Covid-19 yang terjadi di belahan dunia membuat semua aspek, termasuk sektor pendidikam harus melakukan perubahan secara cepat. Dimana yang biasanya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diadakan secara tatap muka, kini dilakukan secara virtual.

Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan teknologi dan informasi yang semakin canggih ini dapat memberikan kemudahan bagi siswa, karena dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang sesuai di era digital di masa pendemi ini adalah video pembelajaran. Namun tidak semua pendidik dapat membuat video pembelajaran dikarenakan keterbatasan keterampilan dalam menggunakan aplikasi komputer, bahkan tidak sedikit guru yang belum pernah membuat video pembelajaran.

Berangkat dari hal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran khususnya bagi guru di SMA Karya Ibu Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

(Para guru di SMA Karya Ibu Palembang saat mendengarkan paparan pelatihan vidio pembelajaran oleh Tim PkM dari Prodi Matematika, FKIP Universitas PGRI Palembang)

Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua cara, yaitu datang langsung ke SMA Karya Ibu Palembang  (luar jaringan) dan dilanjutkan melalui pendampingan secara online selama satu minggu (dalam jaringan).

Pelatihan ini digelar pada tanggal 7 Agustus 2021 diikuti oleh 20 peserta dan dihadiri oleh Kepala SMA Karya Ibu Palembang, Dra. Yulia Prawati.

Kepala SMA Karya Ibu mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SMA Karya Ibu sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih dan mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Semoga ini dapat membantu para guru kami dalam meningkatkan SDM terutama dalam pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia,” ujarnya.

Salah satu peserta kegiatan pelatihan, Fitri Agustina, S.Pd memberikan respon terhadap kegiatan pelatihan. Dirinya mengatakan kami sangat berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami selaku guru dalam memberikan materi kepada siswa melalui video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia dan saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut.

PkM ini diketuai oleh Marhamah, M.Pd dengan anggota Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si, M.Pd, Dra. Hj. Djumroh, M.Pd, Dra.Hj. Lusiana, M.Pd, dan Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd. Dan turut mendampingi  tiga orang mahasiswa dari Prodi Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang, Sri Alfiahni, Kamalia dan Putri Adelia.

(Foto bersama Tim PkM dari Prodi Matematika, FKIP Universitas PGRI Palembang di SMA Karya Ibu Palembang)

Ketua Pelaksana Kegiatan, Marhamah, M.Pd menjelaskan, kegiatan PkM dalam bentuk pelatihan ini bertujuan mengenalkan dan membekali guru tentang pembuatan video pembelajaran dan membantu guru dalam membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia.

“Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat membuat video pembelajaran. Hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dengan adanya video pembelajaran maka proses belajar mengajar akan lebih menarik, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar, sedangkan guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan atraktif,” jelasnya.

Adapun materi dalam pelatihan ini disampaikan dalam bentuk teori dan praktek. Install aplikasi Camtasia oleh Dra. Hj. Djumroh, M, Pd, Eka Fitri Puspa Sari, M.Pd, Sri Alfiahni, Kamalia dan Putri Adelia. Pengenalan aplikasi Camtasia oleh Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si, M.Pd dan Marhamah, M.Pd. Dan pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Aplikasi Camtasia oleh Dra. Hj. Lusiana, M.Pd dan Tim PkM. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button