PGRI

............

Olahraga

Buka Selekda Peparpenas dan PPDB SONS, Dispora Puji Prestasi NPCI Sumsel

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebanyak 96 atlet disabilitas Sumsel berebut tiket menuju Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X 2023 yang akan digelar di Palembang pada 29 Juli hingga 5 Agustus 2023 mendatang.

Ajang Seleksi Daerah (Selekda) Sumsel yang digelar di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang ini juga bersamaan dengan Tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Sumatera Selatan, Senin (22/5/2023).

(Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari saat memantau Selekda Para Catur)

Ajang bergengsi tersebut dibuka oleh Gubernur Sumsel melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumsel Drs. M. Dahlan, MM di Gelanggang Olahraga (GOR) Dempo, JSC, Palembang.

Turut hadir langsung Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari, Sekretaris Sudarmono, Bendahara Zulkarnain, Ketua 1, Ketua 2, Para Kabiro, para Ketua NPCI kabupaten/kota Se Sumsel serta delegasi semua atlet yang mengikuti ajang tersebut.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya Selekda Peparpenas dan Selekda SONS. Ini merupakan terobosan luar biasa untuk NPCI Sumsel karena SONS ini merupakan pertama di Indonesia untuk disabilitas,” ujar Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumsel Drs. M. Dahlan, MM.

(Suasana selekda para badminton)

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada NPCI Sumsel yang telah membina para disabilitas hingga tingkat Internasional. Terbaru, NPCI Sumsel akan memperkuat Timnas di Asean Para Games di Cambodia pada 3 hingga 9 Juni 2023 mendatang dengan 12 atlet. Sementara atlet umum di event level yang sama yakni Sea Games Cambodia pekan lalu Sumsel memperkuat Timnas dengan 2 atlet.

Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dalam hal ini Dispora Sumsel yang terus mendukung pembinaan atlet penyandang disabilitas Sumsel. Termasuk dalam mempersiapkan Sumsel menjadi tuan rumah Peparpenas X pada 29 Juli hingga 5 Agustus 2023 nanti.

(Suasana Selekda Para Tenis Meja)

Tak lupa terima kasih juga kepada semua NPCI kabupaten/kota yang telah mendelegasikan atletnya untuk mengikuti ajang Selekda termasuk para panitia yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan ajang ini.

“Melalui Selekda ini, kita akan memilih yang terbaik dari semua cabor yakni para atletik, para renang, para tenis meja, para catur, para badminton dan bocia untuk dimasukkan dalam program Pelatda Terpusat Peparpenas 2023 nantinya,” ujarnya.

(Suasana Selekda Para Atletik)

Bagi yang tidak terpilih, pihaknya menghimbau agar tidak berkecil hati dan tetap semangat untuk berlatih karena NPCI Sumsel akan terus melakukan pemantauan dengan pola promosi dan degradasi.

Selain itu juga pada kegiatan ini juga merupakan ajang Selekda PPDB SONS, sebuah terobosan NPCI Sumsel dalam akselerasi prestasi dengan dukungab Dispora, Dinas Pendidikan dan juga SONS. “Selamat yang telah lolos nantinya. Semoga melalui pembinaan di SONS nanti akan lahir para atlet yang mampu mempersembahkan prestasi yang maksimal bagi Sumatera Selatan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Selekda Dr. Muslimin, M.Pd melaporkan kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari dengan total peserta 96 atlet utusan dari berbagai NPCI kabupaten/kota di Sumsel.

(Suasana Selekda Para Renang)

Kegiatan ini dipusatkan ditiga venue yang ada JSC Palembang yakni Cabor Para Tenis Meja, Para Badminton dan Para Catur di GOR Dempo, Para Renang di Venue Aquatic dan Para Atletik di Venue Atletik dan juga Cabor Bocia yang bekerjasama dengan SOINA Sumsel. Selanjutnya rangkaian tes PPDB SONS juga dilanjutkan di sekolah.

(Selekda PPDB di SONS)

“Selain Selekda Menuju Peparpenas, ajang ini juga dibarengi Selekda PPDB SONS 2023. Tes meliputi tes fisik, tes keterampilan dan juga tes cabor. Untuk Selekda SONS nanti masih ada rangkaian tes lagi yakni tes kesehatan dan tes psikologi dan menunggu jadwal panitia dari SONS,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button