Olahraga

Digelar Sembilan Cabor, Pemkab OKU Siap Gelar Peparprov III

//Panahan dan Angkat Besi Jadi Cabor Baru//

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) siap mensukseskan penyelenggaraan multi event bergengsi Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) III pada Desember 2021 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Pemkab OKU melalui Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten OKU Juarsah pada rapat koordinasi persiapan Peparprov III di Ruang Rapat di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang bersama Pengurus National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Sumsel, Senin (2/8/2021).

Turut hadir mendampingi Sekretaris NPCI Sumsel M Soleh, Wakil Ketua II Sutina, Wakil Ketua III Alfian, Kabiro Cabor Muslimin, Kabiro Humas Sugiarto, Kabiro Pemberdayaan Daerah Rusdi, Kabiro Wasit, Pertandingan Suhartomo dan Kopal NPCI Irawan Idris. Rapat kordinasi tersebut juga dihadiri seluruh perwakilan NPCI Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Kami pada prinsipnya siap, bahkan Bapak PLH Bupati, bagian anggaran juga sudah siap,” ujar Sekretaris Dispora OKU Juarsah.

Ia menambahkan, terkait persiapan venue sudah siap sesuai standar Porprov. Untuk standar Peparprov sendiri, pihaknya meminta tim NPCI Sumsel untuk segera melakukan kunjungan sebagaimana standar yang diperlukan.

Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari mengapresiasi dengan kesiapan Pemkab OKU yang telah menyiapkan anggaran sebagai tuan rumah Peparprov di OKU. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa Pemkab OKU telah menyelengarakan amanah UU No.3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional bahwa baik Pemerintah Pusat maupun daerah mendukung keolahragaan.

“Terkait sarana prasarana kami berharap OKU menjadi daerah pertama sebagai penyelenggaraan olahraga Peparprov yang ramah disabilitas,” jelasnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Biro Cabang Olahraga (Cabor) NPCI Sumsel Muslimin mengatakan bahwa rencana Peparprov III akan digelar sebanyak sembilan cabang olahraga, yakni atletik, renang, badminton, goalball, catur, voli duduk, tenis meja, angkat besi dan panahan.

Dari sembilan cabor tersebut panahan dan angkat besi menjadi cabang olahraga baru dari Peparprov II Prabumulih yang menyelenggarakan tujuh cabang olahraga.

“Dari sembilan cabor tersebut, diperkirakan memperebutkan 249 medali emas,” jelasnya.

Pihaknya berharap, proses peninjauan venue segera terjadwalkan agar standar venue Peparprov bisa disesuaikan.

Dalam kesempatan tersebut, NPCI Kabupaten/Kota di Sumsel meminta kejelasan terkait dengan konsumsi atlet. Apalagi menurut Peparprov II di Prabulih 2019 lalu, semua konsumsi ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Prabumulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button