PGRI

............

Pendidikan

Dorong Pembuatan Karya Ilmiah Mahasiswa Berkualitas, UPGRIP Beri Pelatihan Penulisan Skripsi Dan Tugas Akhir.

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mendorong pembuatan karya ilmiah berkualitas bagi mahasiswa dalam membuat skripsi dan tugas akhir, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRI) menggelar pelatihan penulisan skripsi dan tugas akhir bagi mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR di Gedung F lantai 2 UPGRIP.

Turut hadir Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si, Wakil Dekan Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si, Ketua GPM Dr. Riya Liuhartana, M.Si dan para dosen di lingkungan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.

(Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si saat memberikan sambutan)

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan peserta pelatihan penulisan skripsi dan tugas akhir diikuti oleh mahasiswa Prodi Ilmu Perikanan sejumlah 11 Orang dan mahasiswa Prodi Budi Daya Ikan berjumlah 9 Orang, sehingga jumlah seluruh peserta adalah 20 Orang.

“Dengan adanya pelatihan ini dapat memotivasi para mahasiswa dalam penyelesaian skripsi dan tugas akhir, karena pada pelatihan ini mahasiswa diberikan arahan, motivasi sekaligus ajang latihan bagi mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan proposal penelitian. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah, mampu menerapkan metode penelitian yang sesuai dengan topiknya dan menganalisis secara logis sehingga membantu percepatan penyelesaian skripsi dan tugas akhir,” terangnya.

(Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR saat memberikan sambutan)

Sementara itu, Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakan kebijakan pembelajaran di Perguruan Tinggi khususnya di Universitas PGRI Palembang tidak ada dosen yang membuatkan skripsi dan tugas akhir mahasiswa.
Yang ada dosen membimbing dan membantu mahasiswa untuk bisa menyelesaikan studi sesuai kemampuan dan batas waktu tanpa melebihinya.

“Guna mengantisipasi agar tidak terjadinya plagiat dalam pembuatan tesis, skripsi dan tugas akhir mahasiswa, Universitas PGRI Palembang telah menyediakan aplikasi Turnitin. Aplikasi ini bisa mengetahui apakah ada plagiat atau tidak pada karya ilmiah mahasiwa tersebut,” pungkasnya.

(Foto bersama)

Beberapa materi pada pelatihan ini, untuk Program Studi Ilmu Perikanan membahas tentang Persyaratan dan Etika Penulisan Skripsi oleh Dr. Ir. Hj. Tri Widayatsih, M.Si, Rih Laksmi Utpalasari, M.P, Perumusan Masalah dan Latar Belakang oleh Sofian, S.Pi., M.Si, Landasan Teori/Tinjau Pustaka dan Penulisan Daftar Pustaka oleh Dr. Eng Riya Liuhartana, M.Si, Metodologi Penelitian dan Analisis Data oleh Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si dan Pembahasan Hasil Penelitian, Kesimpulan dan Saran oleh Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si.

Selanjutnya, untuk materi Program Studi Budi Daya Ikan meliputi Persyaratan, Tujuan dan Etika Penulisan Tugas Akhir oleh Santi Mayasari, M.Pd, Perumusan Masalah dan Latar Belakang oleh Rahma Mulyani, M.Si, Landasan Teori/Tinjau Pustaka oleh Humairani, S.Pi., M. Si, Metodologi Penelitian dan Analisis Data oleh Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si, Pembahasan Hasil Penelitian, Kesimpulan dan Saran oleh Sumantriyadi, S.Pi., M.Si dan Penulisan Daftar Pustaka oleh Lia Perwita Sari, S.P., M. Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button