PGRI

............

Pendidikan

Dorong Peningkatan Kualitas Penelitian, UPGRIP Gelar Seminar Hasil Penitian

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan oleh masing-masing dosen yang mendapatkan dana penelitian dari Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) tahun 2022, (UPGRIP) menggelar Seminar Hasil Penelitian Dana Internal selama 3 hari, Aula Sriwijaya dan di Gedung Pascasarjana Lantai 4 Ruang 7 dan Gedung PPS Lantai 3 Ruang 10. Kamis sampai dengan Sabtu (15-17/12/2022).

Kegiatan yang juga dalam rangka peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M, MSi, CIQaR. diwakili oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd.

(Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M, MSi, CIQaR. diwakili oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd. saat membuka kegiatan)

Turut hadir dalam kegiatan ini Kabiro BPAAM Dr. Misdalina, M.Pd., Kepala LPPKM sekaligus ketua pelaksana Dr. Rohana, M.Pd., para Dekan , plh. Direktur Passarjana, dan para Dosen dilingkungan Universitas PGRI Palembang.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana sekaligus Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd menjelaskan UPGRIP sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang memberikan dana internal penelitian kepada dosen di lingkungan UPGRIP berusaha untuk meningkatkan kualitas mutu penelitian serta publikasi ilmiahnya. “Dan salah satu upaya menjaga mutu tersebut dengan cara melakukan kegiatan seminar hasil penelitian dengan melibatkan dosen sebagai peserta dan pembahas hasil penelitian yang telah di selesaikan,” ujarnya.

Rohana juga menjelaskan rangkaian tahapan penelitian yang telah dikoordinir LPPKM, mulai dari informasi penerimaan dana penelitian internal bagi Dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang, pengajuan usulan, seleksi proposal setelah direview oleh tim reviewer internal, pengumuman hingga penetapan pemenang.

(Suasana penyampaian materi oleh narasumber)

Dikatakannya, pemakalah pada seminar hasil penelitian terdiri dari dosen-dosen penerima dana internal penelitian UPGRIP tahun 2022 yang berjumlah 83 judul penelitian ini dibagi kedalam 3 skema yaitu; 6 judul skema Penelitian Dosen Muda (PDM), 68 judul skema Penelitian Dosen Madya (PDMy) dan 9 judul skema Penelitian Berbasis Mutu (PBM).

“Sedangkan Total jumlah dosen yang melaksanakan penelitian dana internal Universitas PGRI Palembang Tahun 2022 adalah 265 orang atau 81% dari kurang lebih 315 orang dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang,” urainya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

(Peserta saat mendengarkan paparan narasumber)

“Melalui kegiatan ini kami berharap mampu mendorong kompetensi peneliti agar mampu bersaing menghasilkan penelitian berbasis inovasi dan merambah tingkat internasional. Sehingga kualitas enelitian tersebut semakin baik, kualitas luaran yang dihasilkan terus meningkat, dan pencapaian hasil dari setiap penelitian dosen, terutama kemungkinannya untuk mendapatkan HAKI, Teknologi Tepat Guna dan lain-lain,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button