PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen PAUD FKIP UPGRIP Gelar Sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar sosialisasi dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menggelar seminar dengan tema Strategi Peningkatan Mutu Lembaga PAUD di Kota Palembang  Menuju Bonus Demografi di Gedung Sekretariat POKJA Bunda PAUD, Jumat, (26/11/2021).

Seminar ini menghadirkan sembilan orang dosen diantaranya diketuai oleh Rahmah Novianti, S.Sos, M.Pd dengan anggota Santa Idayana Sinaga, M.Pd, Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd, Dessi Andriana, S.Pd AUD, M,M, Mardiana Sari, M.Pd, Padilah,M.Pd , Fatma Rizki Intan, M.Pd, Tuti Firdayani, M.Pd, dan Adrianus Dedy, S.Fil.,M.Pd serta didampingi dua mahasiswa, Heni Gustina dan Mulyani.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 35  peserta yang merupakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pengelola PAUD wilayah kota Palembang yang mengikuti  dengan antusias sampai selesai.

“Kegiatan ini merupakan wujud Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan dalam upaya membantu guru serta tenaga kependidikan meningkatkan pemahamannya,” ujar Rahma Novianti, S.Sos., M.Pd.

Ia menambahkan tujuan dari pkM ini sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Dosen Universitas PGRI Palembang dan  Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat PAUD FKIP UPGRIP)

Diharapkan kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan mutu lembaga dalam menyiapkan era bonus demografi serta merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru untuk membuat serta menyusun metode-metode dalam meningkatkan mutu Pendidikan pada jenjang PAUD.

“Sehingga dapat membantu para perangkat sekolah membenahi dan meningkatkan mutu lembaganya. Dengan demikian kegiatan ini akan membuat kepala sekolah terutama guru menjadi lebih percaya diri, berani, kreatif dan inovatif dalam merancang standar mutu lembaganya,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, setiap narasumber menyampaikan materi yang berbeda-beda sehingga diharapkan mampu memberi wawasan baru para guru PAUD dan tenaga kependidikan.

Adapun materi yang disajikan, yaitu Standar 1  (STTPA) Analisis, rekapitulasi pertumbuhan dan perkembangan anak disampaikan oleh Melinda Puspita Sari Jaya, M.Pd, Standar 2 (Kurikulum KTSP) Muatan materi, metode pembelajaran, lembar pengesahan, acuan kurikulum, data layanan disampaikan oleh Dessi Andriani S.Pd Aud, M.M, Standar 3 (perangkat perencanaan pembelajaran) Prosem, RPPM, RPPH, supervisi disampaikan oleh   Padilah, M.Pd.

Selanjutnya, Standar 4 (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang disampaikan oleh Santa Idayana Sinaga, M.Pd, Standar 5 (Sarana dan Prasarana) disampaikan oleh Mardiana Sari, M.Pd, Standar 6 (Pengelolaan) Visi-misi, RKS, KalDik, Struktur organisasi, TUPOKSI, tata tertib, SOP disampaikan oleh Adrianus Dedi, S.Fil, M.Pd, dan Tuti Firdayani, M.Pd, Standar 7 (RAPBS) biaya investasi, operasional, biaya personal, buku pemasukan dan pengeluaran serta laporan keuangan disampaikan oleh Fatma Rizki Intan, M.Pd, dan Standar 8 (Penilaian perkembangan harian) checklist, anekdot, laporan perkembangan anak disampaikan oleh ketua PkM Rahmah Novianti, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button