Pendidikan

Dosen Pendidikan Guru Sekolah UPGRIP Gelar Pengabdian Masyarakat di SDN 6 Rambutan

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang tak hanya konsen dalam menciptakan lulusan yang berkualitas melalui Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian dan Pengembangan, akan tetapi Kampus Biru ini terus melaksanakan program yang tak kalah penting  Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Kali ini, Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah  Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SDN 6 Rambutan dengan protokol kesehatan

Kegiatan PkM ini bertemakan Pemanfaatan Quizizz untuk Guru SD Kecamatan Rambutan pada Pembelajaran tematik diketuai oleh Murjainah, S.Pd.,M.Pd. , Nora Surmilasari, MPd., Tanzimah, M.Pd., Marleni, S.Pd., Jayanti, M.Pd., Robert Budi Laksana, S.S., M.Sn., Treni Hera, S.Pd., M.Sn., serta dibantu oleh dua mahasiswa Sinta Widia dan Maya Puspita Sari.

Adapun materi pelatihan dalam empat bahasan yang disajikan masing-masing anggota tim pengabdi dibantu oleh dua orang mahasiswa.

Murjainah, S.Pd., M.Pd dan Marleni, M.Pd dengan judul Pengenalan Quzziz dan pemanfaatannya untuk pembelajaran IPS, Tanzimah, M.Pd dan Jayanti, M.Pd. dengan judul Pemanfaatan Quzziz untuk pembelajaran  Matematika, Nora Surmilasari, MPd. dengan judul Pemanfaatan Quzziz untuk pembelajaran  Tematik, serta Robert Budi Laksana,M.Pd. dan Treny Hera, M.Sn dengan judul Pemanfaatan Quzziz untuk pembelajaran SBDP

Dihadapan peserta yang terdiri dari Guru guru SD di Kecamatan Rambutan yang dilaksanakan secara luring di SDN 6 Rambutan ketua PkM Murjainah, M.Pd didampingi oleh para anggota PkM menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan Akreditasi A terbaik di Sumsel.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

(Para guru saat mendengarkan paparan pemateri dari Dosen UPGRIP)

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan  Murjainah bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga Program Studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Lanjut dia, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH BP PGRI Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR.

Dalam kesempatan ini juga ketua PkM Murjainah, S.Pd.,M.Pd.mengatakan  diadakan PkM ini bertujuan selain dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga memberikan bimbingan kepada guru Sekolah Dasar dalam memanfaatkan platform quizziz untuk pembelajaran tematik SD dan membekali guru SD dalam membuat soal quiz di Quizizz.

“Setelah memperoleh kegiatan PkM ini, para peserta dapat memanfaatkan quizizz untuk pembelajaran Tematik SD. Selain itu, Kegiatan PkM ini diharapkan dapat membantu guru dalam menggunakan quizizz untuk alat evaluasi kognitif siswa. Pada pengabdian masyarakat ini merupakan pelatihan pemanfaatan Platform Quizziz untuk pembelajaran Tematik siswa SD,” jelasnya.

Sementara itu Kepala SD Negeri 6 Rambutan Heriwati, S.Pd.SD mengucapkan terima kasih atas kedatangan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang yang telah memberikan materi tentang pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran bagi guru. “Semoga kegiatan ini bisa menjadi ilmu baru bagi para guru dalam memaksimalkan pembelajaran di sekolah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button