PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen PGSD Universitas PGRI Palembang Gelar Sosialisasi, Kerjaasama dan Pengabdian kepada Masyarakat di SDN 16 Indralaya Utara

 

SumselMedia.Com, Ogan Ilir-

Sebanyak tujuh dosen PGSD dari FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar sosialisasi, kerjasama dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SD Negeri 16 Indralaya Utara, Sabtu (11/9/2021).

Tema PkM kali ini adalah tentang Pembuatan Media Pembelajaran dari  Barang Bekas Bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Indralaya Utara.

PkM tersebut diketuai oleh  Kiki Aryaningrum, M.Pd dengan anggota Putri Dewi Nurhasana, M.Pd., Arief Kuswidyanarko, M.Pd., Ali Fakhrudin, M.Pd., Ardora Pratama, M.Pd, Henni Riyanti, M.Pd., dan Susanti Faipri Selegi, M.Pd. dan dibantu dua mahasiswa Dyah Anggraini dan Umi Kalsum.

(Foto bersama Tim PkM Universitas PGRI Palembang pada acara pembukaan di SDN 16 Indralaya Utara)

Sebelum PkM digelar, terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR diwakili oleh dosen PGSD Universitas PGRI Palembang Ali Fakhrudin, M.Pd dan Kepala SD Negeri 16  Indralaya Utara Holilah Mardalena, S.Pd.

Dalam sambutannya, Ali Fakhrudin, M.Pd mengatakan kegiatan MoU ini dilaksanakan untuk melakukan kerja sama baik dalam bidang Pengajaran, Penelitian, dan PkM.

Ali mengajak para siswa-siswi untuk selalu memberikan motivasi kepada diri sendiri agar tetap semangat setelah lulus nanti untuk melanjutkan di bangku perkuliahan.

(Prosesi Penandatanganan Kerjasama antara Universitas PGRI Palembang dan SDN 16 Indralaya Utara)

Pada kesempatan tersebut, Ali menyampaikan berbagai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

“Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel,” ujarnya.

Ia menambahkan, keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan akademik dan perkuliahan.

(Dosen Arief Kuswidyanarko, M.Pd saat memberikan materi PkM berjudul Penyusunan RPP Kelas Tinggi Kurikulum 2013)

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Dan bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan bebas uang pembangunan.

“Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen,” jelasnya.

Ditambahkan Ali, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen dan bebas uang pendaftaran.

(Para guru SDN 16 Indralaya Utara saat mengijuti PkM dari Dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang)

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 16  Indralaya Utara Holilah Mardalena, S.Pd sekaligus ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus Indralaya Utara mengucapakan  terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang sudah memilih SDN 16 Indralaya Utara sebagai tempat PkM dan tuan rumah dari pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dari  Barang Bekas ini.  Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kepala sekolah, dan para peserta/guru.

Ketua Pelaksana PkM Kiki Aryaningrum, M.Pd menjelaskan kegiatan PkM ini diikuti oleh 34 peserta, terdiri dari kepala sekolah dan guru yang  bertujuan melatih guru SD dapat membuat media pembelajaran inovatif dari pemanfaatan barang bekas.

“Selain itu, PkM ini menjadi salah satu tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dosen sesuai bidang keahliannya dan berperan aktif dalam kegiatan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Dikatakan Kiki, adapun materi disampaikan mengenai Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dari  Barang Bekas Bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Indralaya Utara.

(Foto bersama setelah penandatangan MoU)

Materi ini disampaikan kepada kepala sekolah dan guru. Untuk instruktur dalam kegiatan PKM ini adalah dosen-dosen yang aktif mengajar di Prodi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang sesuai dengan bidang dan keahliannya.

Adapun instruktur itu yakni Kiki Aryaningrum, M.Pd dengan materi Pengenalan Konsep 3R dan Pemanfaatan Limbah plastik, Putri Dewi Nurhasana, M.Pd dengan materi berjudul Analisis Kurikulum 2013  pada kelas Tinggi, Arief Kuswidyanarko, M.Pd dengan materi berjudul Penyusunan RPP Kelas Tinggi Kurikulum 2013. Ali Fakhrudin, M.Pd dengan materi berjudul Pendalaman materi IPA terkait media Pembelajaran IPA.

Selanjutnya, Ardora Pratama, M.Pd dengan materi berjudul Model-Model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas  guru pada materi IPA, Henni Riyanti, M.Si dengan materi berjudul Materi dan Praktikum Pemanfaatan barang bekas layak pakai sebagai bahan baku pembuatan media   pada pembelajaran IPA di SD dan Susanti Faipri Selegi, M.Pd dengan  materi berjudul Evaluasi hasil kegiatan kepada Guru dalam bentuk   Pre Test dan Post Test. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button