PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Prodi Teknik Elektro UPGRIP Gelar Sosialisasi dan PkM di SMA Meranti Pedamaran OKI

 

SumselMedia.Com, OKI-

Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang menggelar sosialisasi dan penyuluhan K3 Laboratorium di SMA Meranti Pedamaran OKI.

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Emidiana ST., MT., dengan anggota Ir. M. Saleh Al Amin, MT. Abdul Azis, S.T.MT., Nita Nurdiana, ST., MT., Irine Kartika, F.ST., MT., Perawati ST.MT Yudi Irwansi, ST., MT. serta didampingi oleh 3 mahasiswa Prodi Teknik Elektro yaitu Wahyu Dwi Nanda, Wisnu Wardhana, Mgs. Chaikal Dzaki serta alumni dari Prodi Teknik Elektro Yuni Rosiati , ST dan staf pendukung Ibrahim Ardhana Kusuma.

Kegiatan PkM bertema “Implementasi K3 Laboratorium” ini juga diikuti sosialisasi tentang kemudahan menempuh Pendidikan Tinggi di UPGRIP sebagai Kampus Melaju Dengan Mutu dihadapan siswa-siswi yang menjadi peserta.

Dalam PkM tersebut disampaikan bahwa Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

(Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang saat menggelar MoU, sosialisasi dan penyuluhan K3 Laboratorium di SMA Meranti Pedamaran OKI).

Selain itu, keamanan kerja di Laboratorium juga harus diketahui bagaimana agar seseorang bisa terhindar dari kecelakaan di Laboratorium

Sekalipun terjadi kecelakaan maka sudah mengetahui bagaimana cara menanganinya. Dan dalam keamanan kerja hal pertama yang harus di patuhi adalah kedisiplinan terhadap tata tertib serta aturan-aturan yang ada di Laboratorium agar tidak terjadi kecelakaan.

Adapun materi yang disajikan oleh Perawati, ST.,MT adalah K3 Laboratorium Sekolah, Irine Kartika, ST.,MT adalah Manajemen K3 Lab, Nita Nurdiana, ST.,MT adalah Potensi Bahaya di Laboratorium, Emidiana, ST.MT adalah Upaya Pencegahan Kecelakaan di Laboratorium, Yudi Irwansi, ST.,MT adalah APD dan peralatan Keselamatan Bahaya praktikum instalasi listrik di Laboratorium, Ir. M. Saleh Al Amin, MT adalah Implementasi K3 pada prak. Instalasi listrik, Abdul Azis, ST, MT adalah Bahaya Pratikum Instalasi listrik

Selain kegiatan PkM tersebut, juga dilaksanakan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dengan SMA Meranti yang ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili Dekan Fakultas Teknik Adiguna, ST.,M.Si., dengan Kepala SMA Meranti OKI Suprtyadi, S.Pd.

Menurut Ketua PkM Emidiana. ST.,MT, bahwa metode yang digunakan saat pelaksanaan PkM ini adalah Metode ceramah, yaitu Sosialisasi dan tanya jawab tentang materi keselamatan dan kesehatan kerja Laboratorium sekolah.
Penjelasan yang dilakukan oleh tim Pengabdian pada Masyarakat Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang dengan menggunakan presentasi power point.

“Pada pelaksanaannya, para peserta diberi materi berupa pengetahuan dan penjelasan tentang K3 Laboratorium, Metode praktek, melakukan demonstrasi video implementasi K3 Laboratorium Sekolah serta Kuisioner, dilakukan untuk mengetahui pemahaman tentang materi yang telah disampaikan,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini adalah memberikan edukasi kepada guru dan siswa SMA Meranti, Pedamaran, OKI Sumatera Selatan agar mengetahui definisi dan tujuan dari keselamatan kerja, sumber yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di Laboratorium., contoh kasus kecelakaan kerja di laboratorium dan mengetahui pengendalian kecelakaan kerja di Laboratorium.

“Acara juga dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para siswa dan dewan guru SMA Meranti Ogan Komering Ilir untuk bisa melanjutkan studinya di Universitas PGRI Palembang, kampus melaju dengan mutu,” jelasnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna ST.,M.Si di hadapan kepala sekolah, guru dan siswa menyampaikan berbagai Keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

(Foto bersama Tim Dosen Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang usai menggelar MoU, sosialisasi dan penyuluhan K3 Laboratorium di SMA Meranti Pedamaran OKI)

Dirinya menjelaskan, Universitas PGRI Palembang terakreditasi B yang dilengkapi fasilitas Laboratorium 5 lantai dan Perpustakaan lengkap. Bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

“Orang tua siswa Guru anggota PGRI, akan mendapatkan diskon UKM hingga 50 persen dan bagi guru-guru akan melanjutkan S2 yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan UKM sampai 25 persen,” terangnya.

Sementara itu Kepala SMA Meranti OKI Suptryadi , S.Pd berharap setelah diadakan PkM bagi siswa-siswi SMA Meranti OKI dapat lebih menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan dapat memberikan alternatif supaya dapat mengantisipasi dan menghindari kecelakaan di Laboratorium serta mengetahui informasi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button