PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP ajak Siswa SMA Negeri 1 Sungai Rotan Membentuk Entrepreneur yang Cinta Akuntansi Lewat PkM

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP menggelar pengabdian kepada masyarakat (PkM) Bagi Siswa SMA Negeri 1 Sungai Rotan, PkM yang bertajuk “Pengenalan Pencatatan Akuntansi SAK EMKM untuk Membentuk Entrepreneur yang Cinta Akuntansi Bagi Siswa SMA Negeri 1 Sungai Rotan “diketuai oleh Emma Lilianti, SE., M.Si. dengan 5 anggota yang terdiri dari Dosen Akuntansi yaitu Jusmani, SE,.M.Si, Nurmala, SE., M.M, Mohammad Aryo Arifin, SE.,M.Si., Ak., CA., Emilda, S.E., M.Si., Ak, M. Nadjib, S.Kom., M.M, serta di bantu oleh dua mahasiswa Program Akuntansi Andika Febriansyah dan Jeni Ferdilia
Selain PkM dan sosialisasi kegiatan ini juga di barengi dengan penandatanganan MoU antara Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Edduar Hendri, S.E., M.Si. serta penandatanganan Memorandum of Agreemnet (MoA) antara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Kepala Sekolah SMN 1 Sungai Rotan M . Imansyah, S.Pd., M.Pd
Dilanjutkan penandatanganan Implementasi Agreement (IA) oleh
ketua Program Studi Akuntansi Emma Lilianti, SE., M.Si serta penandatanganan IA prodi Bisnis Digital Program Studi Manajemen diwakili oleh kasubag kerjasama oktariansyah, SE., M.M. dengan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sungai Rotan.

(Suasana Penandatanganan kerjasama)

Emma Lilianti, SE., M.Si menerangkan bahwa Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan Membentuk siswa berkaraktek entrepreneur yang cinta akuntansi , siswa dapat paham dalam pembuatan laporan keuangan EMKM dan Siswa lebih mampu mengelola keuangan usaha.
Lanjut Emma, disamping menambah wawasan pengetahuan tentang akuntansi bagi siswa, PkM ini bisa Memacu semangat peserta untuk selalu mau belajar dengan memberikan pembelajaran untuk memulai memahami pentingnya laporan keuangan EMKM, Menumbuhkan minat siswa menjadi pelaku usaha dan bisa Mengembangkan kemampuan dosen sehingga terus meningkatkan daya kreatifitas untuk dapat direalisasikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan sebagai salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” Ujarnya.
Sosialisasi PMB Universitas PGRI disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Edduar Hendri, S.E., M.Si. menjelaskan berbagai informasi mengenai perkembangan Universitas PGRI Palembang, Fakultas, Sarana dan Prasarana, Prestasi serta kemajuan Universitas PGRI Palembang.

(Foto bersama)

Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan. Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel. Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.
Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Keunggulan lain, UPGRIP juga memberikan kuliah gratis bagi calon mahasiswa yg berprestasi namun kurang beruntung dari sisi ekonomi. Bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan uang pembangunan.
Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.
Ditambahkan Edduar, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen, bebas uang pendaftaran dan berbagai kemudahan lainnya.
“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.
Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H. Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.CIQaR.

Kepala SMAN 1 Sungai Rotan M. Imansyah, S.Pd., M.Pd , menyambut baik kegiatan PkM dosen-dosen Program Studi Akuntansi ini. Dalam sambutannya Imansyah mengatakan atas nama keluarga besar SMAN 1 Sungai Rotan , dewan guru dan para siswa menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran tim PkM FEB UPGRIP. “Semoga ke depan kerjasama semacam ini terus dilakukan dalam rangka program-program pendidikan, dan semoga Seluruh siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Rotan Kecamatan Gelumbang Muara Enim cinta Akuntansi ” ujarnya.
Adapun materi dalam PkM ini mengenai Pentingnya Akuntansi disampaikan oleh Emma Lilianti, SE., M.Si., Laporan Keuangan disampaikan oleh Jusmani, SE., M.Si, Entrepreneur di Era digital disampaikan oleh Nurmala, SE., M.M, Laporan Keuangan SAK EMKM disampaikan oleh M. Aryo Arifin, SE., M.Si., Ak, CA, Penyusunan Jurnal Harian disampaikan oleh Emilda, SE., M.Si., Ak, dan Akuntansi Digital disampakan oleh M. Nadjib, S.Kom., M.M. sedangkan ke dua mahasiswa Akuntansi Andika Febriansyah dan Jeni Ferdilia tutorial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button