PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen UPGRIP Kenalkan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva di SDN 134 Palembang

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belakangan ini berdampak ke semua sektor, termasuk pendidikan. Pola pendidikan modern dengan pembelajaran yang tepat pun menjadi tantangan bagi guru.

Berangkat dari hal tersebut, tim dosen Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru SDN 134 Palembang.

PkM ini diketuai Oleh Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR dengan anggota Hj. Meilia Rosani, S.H.,M.H., Dr. Nyiayu Fahriza Fuadiah, M.Pd., Dra. Misdalina, M.Pd., Ety Septiati, S.Si.,M.T. dan di bantu oleh tiga mahasiswa yaitu Septi Wulandari, Agustina Sianturi serta Fadhilah.

Dihadapan para Guru SD Negeri 134 Palembang ketua PkM Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR memaparkan materi tentang Cara Membuat Akun Canva, Dr. Hj. Meilia Rosani, M.H memaparkan materi tentang Media Pembelajaran Digital, Dra. Misdalina, M.Pd, CIQnR memaparkan materi tentang Dasar-dasar Aplikasi Canva, sementara itu, Dr. Nyiayu Fahriza F, M.Pd memaparkan materi tentang Mengembangkan Media Pembelajaran Visual, dan Ety Septiati, S.Si, M.T memaparkan materi tentang Mengembangkan Media Pembelajaran Audio Visual.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

Ketua PkM Dr. Rohana, M.Pd.,CIQnR mengatakan PkM ini merupakan workshop yang melatih keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi berupa presentasi bahan ajar, video, poster, cover buku dan-lain-lain bagi guru .

Lanjutnya, di era pembelajaran saat sekarang ini guru diharapkan dan dituntut untuk dapat memberikan pembelajaran yang menarik di dalam kelas. Sehingga siswa lebih cepat memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya.

Diharapkan setelah pelaksanaan workshop ini guru-guru terutama guru SDN 134 Palembang lebih mahir dalam penggunaan aplikasi Canva sehingga dapat menunjang proses kegiatan mengajar sehari-hari. Sehingga dapat melatih dan memotivasi guru agar memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rohana menyampaikan dalam sosialisasinya mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Universitas PGRI Palembang merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Keunggulan lainnya, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Universitas PGRI Palembang juga memiliki SDM dosen Strata 3 disetiap prodi yang menunjang implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

(Foto bersama)

Apalagi orang tua siswa adalah guru PNS, Guru tetap Yayasan atau guru honorer yang punya NUPTK dan anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.
Ditambahkan Rohana, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.
Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI Pada Universitas PGRI Palembang, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 134 Palembang Yuyun Sartinah, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan workshop yang diberikan oleh tim dosen UPGRIP. “Mudah-mudahan ilmu yang diberikan dapat membantu para guru dalam proses belajar mengajar,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button