Olahraga

Dua Atlet Disabilitas Pali Perkuat Sumsel di Peparnas Papua, NPCI Pali Minta Pemkab Cairkan Bonus Peparprov 2017 Muaraenim dan Prabumulih 2019

 

SumselMedia.Com, Pali-

Sebanyak dua atlet disabilitas binaan National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) Kabupaten Pali berhasil memperkuat Sumsel dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI November 2021 mendatang di Tanah Papua.

Dua atlet tersebut adalah Susilo dan Fanda Ardila. Keduanya akan turun memperkuat Sumsel di pesta olahraga disabilitas terbesar Tanah Air musim ini dari cabang olahraga atletik.

Kepastian keduanya memperkuat Sumsel setelah menjalani beberapa kali tes limit yang diadakan oleh NPCI Provinsi Sumsel. Dan saat ini keduanya tengah menghuni Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Terpusat di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua NPCI Kabupaten Pali Santosa Iskan, Jumat (6/8/2021). Menurutnya, ini merupakan capaian luar biasa bagi olahraga Kabupaten Pali yang akan berlaga di pesta olahraga disabilitas terbesar Tanah Air.

“Iya, dua atlet binaan kita saat ini sedang Pelatda Terpusat di JSC Palembang untuk persiapan Peparnas Papua. Salah satunya ada Susilo yang sudah dua kali meraih medali emas di Peparprov Muaraenim dan Peparprov Prabumilih,” ujarnya.

Mantan Komisioner KPUD Kabupaten Pali tersebut menambahkan bahwa kemarin sudah diterima audiensi oleh Wakil Bupati Pali Drs H Soemarjono dan apresiasi dari Pemkab Pali terhadap atlet yang berhasil lolos untuk memperkuat Sumsel di Peparnas Papua.

Namun demikian, Santosa Iskan berharap Pemkab Pali segera mencairkan bonus atlet disabilitas yang telah mengharumkan Kabupaten Pali di ajang Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov).

“Bukan hanya Peparprov II Prabumulih 2019 kemarin, tapi juga Peparprov I Muaraenim pun belum diberikan,” sesalnya.

Pihaknya berharap Pemkab Pali bisa mengapresiasi para atlet yang sudah berjuang demi nama daerahnya. Karena Undang-Undang jelas tidak ada perbedaan apapun perlakuan bagi atlet umum maupun atlet disabilitas. Dan itu sudah dibuktikan oleh kabupaten dan kota di Sumsel.

“Oleh karena itu kami berharap bonus bisa cair, dan anggaran NPCI bisa ditambah saat ABT nanti,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button