Pendidikan

Dukung Program Kemendikbudristek RI, Universitas PGRI Palembang Siap Gelar PMMDN-MBKM 2021

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mendukung Program Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemedikbudristek RI), Universitas PGRI Palembang sebagai Kampus Biru Melaju Dengan Mutu melaksanakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Belajar Kampus Merdeka (PMMDN-MBKM) tahun 2021.

Komitmen tersebut dilakukan dengan telah dilepasnya sembilan mahasiswa Universitas PGRI Palembang untuk mengikuti PMMDB-MBKM di berbagai Universitas di Indonesia dan juga telah diterimanya mahasiswa dari Universitas lain untuk menempuh studi di Universitas PGRI Palembang.

Program Pelepasan dan Penyambutan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Belajar Kampus Merdeka (PMMDN-MBKM) tahun 2021 di Lingkungan Universitas, PGRI Palembang tersebut digelar secara virtual di Ruang Auditorium, Lantai 4 Gedung Business and Science Center Palembang, Sabtu (11/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSi, CIQaR, Para Ketua Lembaga, Ka. BPAM,  Para Dekan, Kabag. Humas di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSi., CIQaR saat membuka acara PMMDN-MBKM)

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSi, CIQaR sangat mendukung program PMMDN-MBKM Mendikbudristek RI Nadiem Makarim karena melalui program ini akan menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah air.

“Selain itu, program ini menunjang penguatan kompetensi yang bisa menjadi bekal berharga bagi karier mahasiswa dimasa mendatang,” urainya.

Bukman Lian menambahkan, bahwa jauh sebelum Program Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka, Universitas PGRI Palembang sudah siap. Baik dalam sarana dan prasarana, kurikulum, dosen, hingga sarana IT.

Sehingga apapun program Pemerintah, Universitas PGRI Palembang siap mendukung. Bahkan Universitas PGRI Palembang sudah mampu menggelar pembelajaran lintas pulau, lintas Indonesia hingga dunia, karena sarana dan prasarana yang memadai.

“Karena Universitas PGRI Palembang dikenal dengan Cyber University,” jelasnya.

(Ketua Panitia PMMDB-MBKM Universitas PGRI Palembang Dr. Yasir Arafat, SE, MM, CIQaR saat memberikan sambutan)

Sementara itu  PIC yang juga Ketua Panitia PMMDB-MBKM Universitas PGRI Palembang Dr. Yasir Arafat, SE, MM, CIQaR mengatakan bahwa program ini menerima sembilan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia seperti Universitas Islam NU Jepara, Universitas Islam Bandung, Universitas Garut dan juga Universitas Gajah Mada (UGM). Begitu juga mahasiswa Universitas PGRI Palembang dilepas untuk mengikuti program ini diberbagai Universitas di Indonesia seperti di Universitas Islam Makasar, Universitas Cokroaminoto Palopo dan beberapa Universitas lain.

“Ada sekitar 3.000 sampai 4.000 Universitas di Indonesia, dan tidak semua Universitas di Indonesia bisa mengikuti program ini. Dan Universitas PGRI Palembang terpilih mengikuti program ini,” ujarnya.

Menurutnya, pelepasan dan penyambutan ini seharusnya digelar secara luring, namun karena  masih kondisi Pandemi Covid-19 di Palembang yang masih masuk zona kuning membuat kegiatan ini digelar secara virtual. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button