PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Gagal di SNMPTN, Unsri Buka Kuota 3.913 Lewat Jalur SBMPTN

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebanyak 25.461 peserta gagal masuk Universitas Sriwijaya (Unsri) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022. Pasalnya, dari 27.066 peminat, hanya diterima sebanyak 1.605.

Namun pihak Unsri menghimbau peserta tak perlu kecewa karena akan dibuka melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang mulai dibuka 23 Maret hingga 15 April 2022 dengan kuota yang disediakan sebanyak 3.913.

Selanjutnya pelaksanaan UTBK gelombang 1 pada 17-23 Mei, UTBK gelombang 2 pada 28 Mei-3 Juni. Sementara pengumuman akan diinformasikan pada 23 Juni sedanhnan mada unduh sertifikat UTBK pada 25 Jjni hingga 31 Juli.

“Kuota Unsri secara keseluruhan 7.825. Sebelumnya sudah diterima jalur 1.605 jalur SNMPTN, dan jalur SBMPTN minimal 40 persen. Ketentuannya adalah antara SNMPTN dan SBMPTN 70 persen. Sehingga kali ini jalur SBMPTN akan menerima 50 persen dari total kuota keseluruhan,” ujar Rektor Unsri Prof. Dr. Anis Saggaf MSCF didampingi Warek 1 Prof. Dr. Zainuddin Nawawi, PhD sekaligus sebagai Ketua Panitia SBMPTN Unsri dan Kabag Humas SNMPTN, SBMPTN dan USM Unsri Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, PhD di Aula KPA Unsri, Selasa (5/4/2022).

Anis menambahkan kepada semua peserta terutama orangtua agar mendorong anaknya segera mendaftar karena jika mendaftar dipenghujung waktu biasanya banyak gangguang trafic internet. Syarat utama pendaftar adalah lulusan 2020, 2021 dan 2022, lebih dari tiga tahun kebawah maka otomatis tidak akan diterima.

Pihaknya juga menegaskan kepada orangtua agar anaknya memilihi program studi sesuai keinginan anaknya bukan keinginan orangtua. Sebut saja misalnya anak ingin jadi guru, tapi orangtua mendaftarkan diteknik tambang maka nanti akan berpengaruh pada psikologi anak karena kuliah tidak sesuai keinginan

Senada dengan itu dikatakan oleh Warek 1 Prof. Dr. Zainuddin Nawawi, PhD sekaligus sebagai Ketua Panitia SBMPTN Unsri menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK akan dipusatkan di Kompleks Unsri Bukit Palembang.

Mulai dari Fakultas Kedokteran (Bukit), FKIP Ogan, Graha Sriwijaya kemudian lokasi mitra yakni Universitas MDP (MDP IT Store Jalan Jenderal Sudirman) – SMAN 1 Palembang, SMKN 2 Palembang – SMKN 3 Palembang dan SMA Xaverius 1 Palembang.

“Seperti tahun sebelumnya walau pun masa Pandemi Covid-19 memasuki masa Omicorn, tapi tetap dilaksanakan secara protokol kesehatan ketat,” tegasnya.

Sementara itu, Kabiro Humas SNMPTN, SBMPTN dan USM Unsri Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, PhD menjelaskan bahwa peserta akan dilakukan tes narkoba. Bagi yang positif maka akan digugurkan. “Untuk informasi dan pendaftaran secara lengkap bisa kunjungi di https://reg.unsri.ac.id,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button