Pendidikan

Gelar Kuliah Umum, Prodi Geografi UPGRIP Soroti Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam dan Lingkungan Menuju Indonesia Tangguh

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus melakukan inovasi dan membaca peluang dimasa mendatang.

Seperti yang dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Geograpi Universitas PGRI Palembang yang menggelar Kuliah Umum dengan menyoroti ”Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam dan Lingkungan Menuju Indonesia Tangguh” dengan menghadirikan narasumber “Prof. Dr. Rer.Nat Muh Aris Marfai, M.Sc selaku Ketua Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia dan didampingi oleh pendamping narasumber Eni Heldayani, S.Si., M.Sc. Dosen Prodi Pendidikan Geografi

Kuliah umum dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., Wakil Dekan III Dr. Muhammad Idris,M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Maharani Oktavia, M.Sc.,   Dr. Wahyu Saputra, S.Pd., M.Sc, para dosen program studi pendidikan Geografi, serta para staf dilingkungan FKIP Universitas PGRI Palembang, Kamis (4/11/21).

Menurut Ketua Pelaksana  Budi Utomo, S.Pd., M.Sc Kuliah Umum dilaksanakan secara daring dengan peserta sebanyak 317 peserta terdiri dari  Mahasiswa Pendidikan Geografi semester 1, 3, 5, dan 7 , Dosen Pendidikan Geografi berjumlah 16 Orang, Kaprodi dan Kalab di lingkungan Universitas PGRI Palembang. Guru, Dosen, Mahasiswa, BUMN dan Pemda yang berasal dari Bengkulu 10 Orang, Sumbar 8 Orang, Riau 5 Orang, Sumsel 51 Orang, DKI Jakarta 11 Orang, Sulteng ;10 Orang, Sulsel 2 Orang, Jambi  6 Orang, Ambon 7 , Jawa Tengah 14 Orang, Yogyakarta 4 Orang, Bali 2 Orang, Banjarmasin 9 Orang, Jawa Timur 11 Orang, NTB 3 Orang, Bangka Belitung 3 Orang, Sumatera Utara 2 Orang dan Jawa Barat 8 Orang.

Sementara itu  Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan anugerah-Nya. Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara kuliah umum kepada Dekan FKIP UPGRIP Dr.  Dessy Wardiah, M.Pd. dan jajarannya dilingkungan kampus Melaju Dengan Mutu.

Ketua Prodi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang Maharani Octavia mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dan terkhusus narasumber kuliah umum hari ini Prof. Dr. rer.nat. Muh Aris Marfai, M.Sc selaku Ketua Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia dan berterimakasih kepada narasumber atas kesediannya untuk memberikan kuliah umum baik itu pesertanya dari mahasiswa, dosen, dan pemerintah daerah, dan para pengambil kebijakan, pemerintah, dan berharap setelah  kuliah umum bisa memberikan pencerahan khusus dalam menanggulangi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan lingkungan menuju Indonesia tangguh.

(Para peserta saat mengikuti kuliah umum secara daring)

Dalam paparannya Prof. Dr. rer.nat. Muh Aris Marfai, M.Sc yang bertema “informasi Geospasial dalam penguatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana”.

Menurutnya, ‘Ring of fire‘ sebuah istilah yang menandai kawasan yang dipenuhi oleh aktifitas seismik dan gunung berapi di sepanjang Samudera Pasifik yang dilansir dari National Geographic sekitar 90% gempa bumi di dunia terjadi di kawasan ini, karena adanya aktifitas berbagai lempeng tektonik yang terus aktif bergerak.

Lebih lanjut Aris menambahkan potensi bencana dapat disajikan dalam bentuk Informasi Geospasial, Informasi Geospasial penting dalam mendukung penguatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana sebagai instrument pendekatan dalam pengurangan risiko bencana dan pendidikan bencana. Data dan Informasi Geospasial Kebencanaan sebagai landasan dalam penyusunan Tata Ruang dan perlu dukungan Industri Geospasial dan SDM Geospasial yang kuat, baik kuantitas maupun kualitasnya.

Foto 1

(Suasana pembukaan Kuliah Umum Prodi Geografi UPGRI Palembang)

(Para peserta saat mengikuti kuliah umum secara daring)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button