PGRI

............

Pendidikan

Gelar PkM di SONS, Dosen UPGRIP Ajarkan Siswa Tentang Pencegahan Saat Cidera

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna menjalankan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi pada bidang pengabdian kepada masyarakat (PkM) dosen-dosen dan mahasiswa Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) melaksanakan PkM di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) JL. Pendidikan Komplek Opi Jakabaring Palembang, 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Senin (20/11/2023).

PkM kali ini memberikan edukasi tentang pentingnya pemahaman tentang bagaimana cara pencegahan dan penanganan pada cidera saat berolahraga perlu untuk disampaikan maka dari itu dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa menjadi bekal kepada siswa dan khalayak umum terkait hal-hal yang bisa dilakukan ketika menemui rasa sakit saat berolahraga.

Pada kesempatan tersebut, Husni Fahritsani.,M.Pd menyampaikan dalam kegiatan tersebut bahwa perlunya mengetahui pencegahan dan penanganan pada cidera olahraga saat aktivitas olahraga maka dari itu anak harus bisa memastikan kondisinya dalam kondisi prima saat melakukan olahraga.

Selain itu, kegiatan PkM ini juga diikuti beberapa anggota yakni Mutiara Fajar.,M.Pd, memberikan materi dengan tema Memilih jenis olahraga yang sesuai, I Made Andika Bayu.,M.Pd memberikan materi dengan tema Menggunakan peralatan yang benar, Endie Riyoko.,M.Pd memberikan materi dengan tema Melakukan pemanasan dan pendinginan Wachid Sugiharto.,M.Pd memberikan materi dengan tema Penangan cidera olahraga. Serta empat partisipasi mahasiswa yaitu Mailudiana, Dias Selvi, Ramadoni, dan Ucha Maurizka

“Kegiatan PkM ini dibarengi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)., Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Agreement (IA) Universitas PGRI Palembang dengan SMA SONS,” ujarnya.

(Suasana Penandatanganan kerjasama dan PkM Dosen UPGRIP di SONS)

Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., dengan Kepala Sekolah SMA SONS Aliyuddin Asral, S.Pd., M.Si., sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan FKIP Assoc. Prof. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR dengan Kepala Sekolah SMA SONS Aliyuddin Asral, S.Pd., M.Si dan IA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani Farizal Imansyah.,M.Pd. dengan Kepala Sekolah SMA SONS Aliyuddin Asral, S.Pd., M.Si

Menurut Ketua PkM Husni Fahritsani, M.Pd kegiatan PkM ini mempunyai tujuan melakukan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Cidera Olahraga di SMA SONS kepada siswa-siswi SMA SONS. “Kegiatan PKM ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semuanya karena kegiatan olahraga bisa dilakukan oleh semua kalangan dan cidera dalam olahraga bisa dialami oleh siapa saja,” jelasnya.

(Pemberian kenang-kenangan)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA SONS Aliyuddin Asral, S.Pd., M.Si. menyampaikan rasa terimakasih kepada tim PkM yang sudah berkenan mengadakan kegiatan sosialisasi di SMA SONS, tentang Penanganan dan pencegahan cidera olahraga.

‚ÄúSemoga dapat memberikan tambahan ilmu bagi siswa siswi, karena dapat dijadikan bekal jika suatu saat mendapati teman yang mengalami cidera saat aktivitas olahraga,” pungkasnya.

Back to top button