Olahraga

Gelar Rakerda, Ketua KONI Sumsel Ingin Tingkatkan Prestasi di Program 2022

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna merancang dan menetapkan rumusan program kerja serta memantapkan Program Cabang Olahraga (Cabor) Unggulan dalam menghadapi ajang multievent yaitu Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) tahun 2023 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Rapat Kerja (Raker) di Hotel ALTS, Kota Palembang, pada hari Selasa tanggal 28 Desember 2021.

Dalam acara tersebut, Ketua KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, menyampaikan bahwa dengan sinergi dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), KONI Sumsel, KONI Kabupaten dan Kota, serta Cabang Olahraga (Cabor), Sumsel bisa memperbaiki peringkat pada pelaksanaan PON Papua yang digelar bulan Oktober 2021 lalu.

“Alhamdulillah, pada pelaksanaan PON di Papua kemarin, Sumsel bisa memperbaiki peringkat. Dari sebelumnya berada di peringkat 21 pada PON tahun 2016 di Jawa Barat, kini berada di peringkat 17. Selain itu, perolehan Medali Emas juga mengalami peningkatan. Dari enam Emas, menjadi delapan. Kemudian, kita juga mendapatkan empat Medali Perak dan 17 Medali Perunggu.” ujarnya.

Kemudian, Sosok yang akrab disapa dengan panggilan HZ itu mengungkapkan, pada Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) tahun 2023 yang akan digelar di Aceh, KONI Sumsel juga menetapkan target mampu memperbaiki peringkat dari sebelumnya. “PORWIL Sebelumnya di Bengkulu, kita berada di peringkat 9 dari 10 provinsi se Sumatera. Kedepan, Sumsel harus bisa memperbaiki peringkat. Target kita, bisa masuk lima besar.” tegas HZ dihadapan perwakilan perwakilan dari 17 KONI Kabupaten dan Kota serta 61 Cabor.

Sementara itu di tempat yang sama, Gubernur Sumsel, Herman Deru, menyampaikan bahwa dirinya sangat setuju dengan rencana dari KONI Sumsel yang menginginkan agar satu kabupaten atau kota, memiliki satu Cabor unggulan.

“Kita tidak mungkin juara di semua panggung atau arena. Maka kita harus rancang bukan hanya dari kabupaten atau kota, tapi bisa dari desa, agar ada Cabor unggulan. Kita jangan bermimpi juara semuanya, prioritaskan saja yang unggulan.” kata Herman Deru.

Pelopor Program Satu Juta Bola itu juga mengapresiasi KONI Sumsel, KONI Kabupaten dan Kota, serta Cabor, yang sudah berhasil mendapatkan prestasi yang sangat baik pada pelaksanaan PON Papua yang lalu. “Tidak ada yang tidak mengakui bahwa dengan pendanaan minim, bisa menghasilkan prestasi yang sangat baik. Pemprov Sumsel mengapresiasi kinerja dari Pengurus KONI Sumsel, KONI Kabupaten dan Kota, serta Cabor.” ungkapnya.

Sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu pun meminta kepada peserta Raker yang hadir, untuk dapat menghasilkan Rekomendasi-rekomendasi internal dan eksternal yang bertujuan peningkatan prestasi olahraga serta pembinaan atlet di Sumsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button