Olahraga

Jalani TO di Bandung Jelang PON Papua, Senam Sumsel Mulai Adaptasi dengan Peralatan Tanding

//Targetkan Satu Emas, Senam Ingin Diberangkatkan Lebih Awal dari Jadwal PON//

 

SumselMedia.Com, Bandung-

Cabang olahraga senam menjadi cabang olahraga Sumatera Selatan, yang diharapkan mampu menyumbang medali emas di PON XX Papua, pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Saat ini, Cabor dengan 6 atlet yang akan berlaga di multi event olahraga terbesar Tanah Air ini tengah menjalani Try Out (TO) di Gelanggang Olahraga (GOR) Senam Arcamanik Bandung, dari 2 hingga 6 September 2021.

Dari enam atlet yang akan tanding di PON Papua, ada satu yang terpaksa tidak bisa ikut TO atas nama Rio Mai Candra karena tidak dapat izin dari Poltekpar tempat dirinya bekerja.

“Tiga hari anak-anak TO disini (Bandung-red), 70 persen sudah mulai beradaptasi. Tinggal pakaian yang kita belum mencoba dan beradaptasi. Karena kita masih menunggu,” ujar Head Coach Senam Sumsel Faisal Rizal, Sabtu (4/9/2021).

Ia menambahkan, bahwa pertandingan Senam dijadwalkan pada 1 September 2021 di Kabupaten Jayapura. Dengan kondisi alat dan pakaian yang belum bisa beradaptasi, dirinya berharap KONI Sumsel membantu kondisi mereka dengan memberangkatkan lebih awal dari jadwal pertandingan.

Setidaknya, mereka bisa berangkat minimal ditanggal 26 September 2021. Hal ini sangat beralasan terkait kondisi yang selama ini diikuti saat Pelatda di Palembang memakai peralatan saat PON 2016.

“Alatnya itu berat dan besar-besar, beda dengan saat kita latihan di Palembang. Jadi kita bisanya TO dengan beradaptasi dengan waktu lima sampai Senin nanti. Jadi kalau kita berangkat lebih awal, anak-anak bisa adaptasi peralatan, pakaian dan juga cuaca,” jelasnya.

Namun demikian menurutnya, dengan segala realita dan keterbatasan yang ada, tim Senam Sumsel tetap mencoba berusaha yang terbaik untuk prestasi Sumsel di PON Papua.

“Kita memang banyak tertinggal dari persiapan, tapi kami coba optimis. Semoga bisa menyumbang emas, setidaknya dari salah satu agket kita Fajar dinomor artistik perorangan putra,” pungkasnya.

Atlet Senam Sumsel:

Artistik Putra:
1. Fajar Al Ali
2. M. Ribta Q.
3. Rio Mai Candra
4. Fernando

Artistik Putri:
1. Alliyah Diandra Z
2. Renita Sari

Pelatih :
Artistik Putra
1. Faisal R.
2. M. Abu Daud

Artistik Putri
1. Agus F.

Nomor pertandingan yang diikuti:

Artistik Putra
1. Nomor Beregu
2. Nomor Serba Bisa
3. Nomor per alat:
A. Alat Lantai
B. Alat Gelang gelang
C. Alat kuda pelana
D. Alat meja lompat
E. Alat Palang Sejajar
F. Alat Palang Tunggal

Artistik Putri
1. Nomor serba bisa
2. Nomor per alat
A. Alat meja lompat
B. Alat Palang Bertingkat
C. Alat Balok keseimbangan
D. Alat Lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button