PGRI

............

Pendidikan

Lakukan Riset Kolaborasi Internasional, Dosen FDK UIN Raden Fatah Terbang ke Belanda

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Dalam rangka pengembangan kompetensi dosen di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia, delegasi peneliti Dosen UIN Raden Fatah Palembang yang merupakan dosen prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) terdiri dari Dr. Hamidah, M.Ag., Manalullaili, M.Ed., dan Anita Trisiah, M.Sc. bersama alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang saat ini aktif sebagai Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Yopi Kusmiati, M.Si. melakukan tahap lanjutan kolaborasi riset internasional dengan Delft University of Technology (TU Delft), Belanda.

Tahapan awal penelitian ini sudah dilakukan di Indonesia, yaitu mengenai komunikasi energi geotermal dari sudut pandang kebudayaan masyarakat Indonesia dan Belanda.

Selama di TU Delft, tim melakukan beberapa tahap penelitian yaitu penggalian data mendalam kepada responden di Belanda, diseminasi hasil sementara penelitian yang sudah dilakukan di Indonesia, sekaligus diskusi akademik mengenai publikasi internasional dengan peneliti dari TU Delft.

Publikasi internasional ini menjadi salah satu tujuan dari kolaborasi internasional yang dilakukan oleh kedua institusi. Tak hanya itu, tim juga melakukan sosialisasi dan promosi tentang UIN Raden Fatah Palembang kepada pihak TU Delft Belanda, serta menjajaki kemungkinan kerjasama lanjutan lainnya di bidang tridama perguruan tinggi.

Menurut Hamidah, dengan adanya kegiatan internasional seperti ini, diharapkan menjadi langkah awal dan penyemangat bagi dosen atau peneliti lainnya untuk melakukan riset kolaborasi internasional. Selain itu, ia berharap kegiatan ini mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan perguruan tinggi dan dapat digunakan sebagai rekognisi internasional dosen dalam memenuhi akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi khususnya yang berada di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Gerdien de Vries, sebagai salah satu anggota tim peneliti yang juga sebagai Head of Energy and Transition Lab, TU Delft, menerima dengan baik tim peneliti dari Indonesia di kampusnya. Pihaknua sangat senang bisa dilibatkan dalam penelitian tersebut dan berharap agar hasil penelitian ini bisa dipublikasikan di jurnal internasional.

Kehadiran tim peneliti juga disambut baik oleh Hans de Bruijn selaku Head of Technology, Policy and Management Graduate School, TU Delft.
Hans mengatakan bahwa ia sangat mendukung penelitian ini dan hal ini merupakan kerjasama yang baik bagi semua pihak.

Dia juga berharap akan ada kerjasama lanjutan lainnya baik di bidang penelitian, pendidikan ataupun pengabdian dosen di antara institusi Indonesia dan Belanda. Selain itu, Hans menambahkan pentingnya penelitian multidisipliner untuk lebih dikembangkan sehingga potensi kerjasama dapat terus digali.

“TU Delft berfokus pada energi teknologi dan UIN Raden Fatah menekankan pada perkembangan ilmu sosial yang berbasis agama. Maka, kolaborasi yang tepat akan menghasilkan riset yang membawa kebaruan bagi dunia akademik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button