PGRI

............

Olahraga

LBH PEDI Resmi Dilantik, Belasan Lawyer Siap Back Up NPCI Sumsel

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Belasan Lawyer atau Pengacara yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum Penyandang Disabilitas Indonesia (LBH PEDI) siap memback up
National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan Direktur LBH PEDI, H. Khaerul Saleh, SH., MH didampingi Sekretaris Utama Wilian Brahmana Putra, SH usai Pelantikan LBH PEDI di Aula Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (12/5/2023).

(Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari saat memberikan keterangan pers)

Turut hadir Gubernur Sumsel sekaligus Ketua Dewan Kehormatan LBH PEDI H. Herman Deru, SH., MM yang diwakili oleh Kabiro Hukum Setda Pemrov Sumsel, jajaran Polda Sumsel, Kodam II/Sriwijaya, Kejati Sumsel, Kemenkumham dan jajaran Forkompinda terkait.

Tak ketinggalan turut hadir langsung Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari, Sekretaris Sudarmono, Bendahara Zulkarnain serta jajaran. Begitu juga Ketua LBH PEDI H. Khaerul Saleh, SH., MH, Ketua YSPKP Pusat yang melantik yakni Eva Nilam Permata, M.Kes., NS., SP.M.B.

“Dengan pelantikan LBH PEDI ini, kami berharap semua jajaran belasan lawyer yang dilantik, kita sama sama siap memback up NPCI Sumsel dan para penyandang disabilitas untuk memperjuangkan hak-hak disabilitas, perlakuan diskriminasi disabilitas hingga yang tersandung pidana,” ujar Direktur LBH PEDI, H. Khaerul Saleh, SH., MH didampingi Sekretaris Utama Wilian Brahmana Putra, SH.

Khairul Saleh mengucapkan terima kasih kepada para lawyer yang tergabung dalam LBH PEDI yang telah membantu ikut memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas. Sehingga ini menjadi momentum kebangkitan para disabilitas di Sumsel khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk mendapat perlindungan hukum secara maksimal.

(Direktur LBH PEDI, H. Khaerul Saleh, SH., MH saat memberikan keterangan pers)

Senada dengan itu dikatakan Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari mengucapkan terima kasih atas dukungan para lawyer yang tergabung dalam LBH PEDI. Apalagi LBH PEDI ini menjadi pertama berdiri di Indonesia. Tentu ini menjadi stimulus yang sangat baik bagi para penyandang disabilitas Sumsel khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Tinggal kita berharap, ada aksi nyata ke depannya. Apalagi ini dihadiri oleh NPCI Kabupaten/Kota di Sumsel, agar ini sekaligus menjadi sosialisasi dan informasi kepada para penyandang disabilitas bahwa di Sumsel telah lahir LBH PEDI dan ini pertama di Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Rian, permasalahan disabilitas di Sumsel saat ini salah satunya adalah tersedianya akses disabilitas di sejumlah tempat umum dan perkantoran. Bagaimana akses kursi roda, akses toilet, akses tangga dan lainnya.

“Tapi tak lupa, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintan Provinsi Sumsel, bahwa Bapak Gubernur Herman Deru sudah sedemikian baiknya kepada para penyandang disabilitas, salah satu nya adalah memberikan bonus sama kepada atlet disabilitas dan atlet umum pada Peparnas Papua 2021 lalu,” tuturnya.

(Foto bersama pada momen pelantikan di Aula Bina Praja Pemprov Sumsel)

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru, SH, MM diwakili Kabiro Hukum Setda Pemprov Sumsel Drs. H. Syahrullah, SH., M.Si mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus LBH PEDI. Semoga ini menjadi momemtum yang tepat untuk penegakan hukum bagi masyarakat Sumsel, khususnya penyandang disabilitas.

Pihaknya berharap, para Pengurus LBH PEDI tetap menjaga visi, misi dan profesional serta menjaga etika profesi yang menjadi panduan hukum.

“Selain itu, semoga LBH PEDI ini juga mampu memberikam edukasi di bidnag hukum sehingga ini mencatat sejarah baru untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas di Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button