PGRI

............

Pendidikan

Luar Biasa! UPGRIP Raih Hibah 4 Wirausaha P2MW KEMDIKBUDRISTEK

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sesuai dengan Tagline Kampus Melaju Dengan Mutu, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus menorehkan prestasi dalam menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tak hanya sukses dengan berbagai inovasi pembelajaran, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kampus yang dikenal dengan Cyber University ini menorehkan prestasi 4 hibah wirausaha P2MW dari Kemdikbudristek RI.

4 tim wirausaha mahasiswa yang lolos mendapatkan hibah modal kewirausahaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Capaian ini 2 kali lipat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2021 hanya lolos 2 tim wirausaha mahasiswa.

(Tim mahasiswa bersama Penanggungjawab P2MW Kemdikbudristek Republik Indonesia di UPGRI Palembang yang sekaligus sebagai PLH Kepala UPT Business & Science Center Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax)

Penanggungjawab P2MW Kemdikbudristek Republik Indonesia di UPGRI Palembang yang sekaligus sebagai PLH Kepala UPT Business & Science Center Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax mengatakan bahwa 4 tim wirausaha mahasiswa UPGRI Palembang mendapatkan hibah modal bisnis hingga Rp 20.000.000,- per tim dari Kemdikbudristek pada program P2MW.

“Adapun 4 tim tersebut adalah Biffazi Snack yang diketuai oleh Fitriyani Anjela (Manajemen FEB), Cireng Isi Ayam Mercon yang diketuai oleh Yuyun (Pendidikan Akuntansi FKIP), Olahan Rempah Kuliner Kreatif OPr yang diketuai Eem Prakas (Manajemen FEB) dan SP Nyiur Lestari yang diketuai oleh Annisa Layanti (Manajemen FEB)” jelas Zahruddin.

Ia menambahkan bahwa keempat tim P2MW tersebut dibimbing dan didampingi oleh dosen FKIP dan FEB, yaitu Dr. Nurkardina Novalia, SE, MM, Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax dan Rismansyah, SE, MM.

Dijelaskan Zahruddin lebih lanjut bahwa yang membedakan program tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah terdapat dana manajemen perguruan tinggi (PT) yang digunakan untuk membiayai kegiatan Pelatihan dan Workshop Manajemen Keuangan dan Administrasi Bisnis Sederhana dengan narasumber Lina Damareia Siregar, SE, MM (Dosen FE Universitas Sriwijaya) dan Pelatihan dan Workshop Digital Marketing dengan nara sumber Iwan Setiawan (Direktur Ruang Ide Komunikasi, Manager Support Sistem E-Commerce Wak Uban Plantation). Pelatihan diikuti oleh 4 ketua tim dan anggota sebanyak 20 mahasiswa.

“Selain itu dana manajemen PT digunakan untuk membiayai mentoring, monitoring, evaluasi dan lainnya selama 6 bulan. Sedangkan dana tim wirausaha mahasiswa digunakan untuk membiayai pengembangan pasar dan saluran distribusi, produksi, pengembangan produk dan legalitas, perizinan, sertifikasi dan standarisasi. Output yang dihasilkan berupa produk-produk yang telah dipasarkan secara bebas yang telah memiliki izin usaha resmi melalui Online Single Submission (OSS)” jelasnya lagi.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM, M.SI, CIQaR memberi apresiasi positif atas capaian yang diperoleh para mahasiswa Universitas PGRI Palembang sampai di tingkat nasional.

(Tim mahasiswa bersama Penanggungjawab P2MW Kemdikbudristek Republik Indonesia di UPGRI Palembang yang sekaligus sebagai PLH Kepala UPT Business & Science Center Universitas PGRI Palembang Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM, C.LMA, C.MMI, C.FR, C.FTax)

“Kita patut bangga dan bersyukur mendapatkan hibah bisnis dari Kemdikbudristek, dimana dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Semoga Universitas PGRI Palembang yang mengusung tag line melaju dengan mutu terus melahirkan wirausaha-wirausaha yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional,” ujar Bukman Lian.

Bukman Lian menambahkan bahwa Universitas PGRI Palembang sangat mendukung dan memberikan ruang seluas-luarnya kegiatan kewirausahaan di lingkungan kampus Universitas PGRI Palembang.

Hal ini dibuktikan dengan menyediakan UPT Business & Science Center, gedung 5 lantai dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Selain itu terdapat Pusat Inkubator Bisnis (PIB) Universitas PGRI Palembang yang berfungsi sebagai pusat inkubasi para wirausaha di lingkungan kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button