PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Maksimalkan Kualitas Lulusan, UBD Gandeng Pemkab Banyuasin Dalam Program KKN

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pada tanggal 12 Mei 2022, Universitas Darma (UBD) Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset teknologi dan Inovasi Dr. Surya Edi Negara, M.Kom yang didampingi direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T, M.Kom, Manajer Riset M. Kumroni Makmuri, SE., MSc., bidang Pengabdian Ferdi Aditya, M.Kom. serta ketua Kuliah Kerja Nyata Universitas Bina Darma 2022 Timur Dali Purwanto melakukan kunjungan ke kantor sekda Banyuasin.

Kunjungan tersebut dalam rangka audiensi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan dilakukan mahasiswa Bina Darma ke Kecamatan Rambutan pada tanggal 24 Mei 2022.

Dalam kesempatan rombongan diterima langsung oleh Sekda Banyuasin Dr. H. Muhammad Senen Har, S.IP., M.Si. dan didampingi oleh staff Kesbangpol Banyuasin.

Dalam audiensi tersebut Wakil Rektor UBD Palembang menjelaskan keinginan pihak Universitas untuk melaksanakan Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Tematik yang merupakan dari bagian dari kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan tersebut direncanakan berjalan selama 3 bulan yang dimulai dari tanggal 24 Mei 2022 sampai dengan akhir Agustus 2022. Mahasiswa yang terlibat berjumlah 63 orang dari program studi system informasi, teknik informatika, teknik industri, komunikasi, psikologi dan sastra inggris.

Pelaksanaan KKN akan dijalankan di kecamatan rambutan di 9 desa yang meliputi desa Baru, desa Durian Gadis, desa Gelebek Dalam, desa Menten, desa Pangkalan Glebek, desa Rambutan, desa Sako, desa Tanjung Kerang dan desa Tanjung Merbu. Pihak Universitas berharap dengan pelaksanaan KKN Tematik ini bisa memberikan kontribusi kampus untuk bersama-sama membangun dan memajukan daerah khususnya Kabupaten Banyuasin.

(Audiensi UBD dengan Pemkab Banyuasin)

Pemerintah kabupaten Banyuasin sangat menyambut baik kegiatan KKN yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Bina Darma bisa menjadi motor dan bisa mendukung 12 gerakan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah kabupaten.

12 gerakan tersebut yakni Gerakan Siswa Membaca dan Menulis (Simanis), Begesa, Gerbang Keren, Gerakan Gotong-royong (Gorong), Gerakan Menuntut Amal (Gema), Gerakan Tanam Sayur Mayur (Gertas), Gerbang Tobaru, Gerakan Memelihara Ternak Unggas (Gemar Tugas), Gerakan Pengembangan Perikanan Rakyat (Gerbang Perak), Pulau Buah, Program Optimalisasi Rumah Masyarakat (Pro Rakyat) dan Gerakan Peduli Sampah (GPS). Mahasiswa sebagai generasi muda hendaknya bisa memberikan contoh dan menjadi pendorong kemajuan bagi desa yang menjadi lokasi KKN.

Dalam penjelasannya juga beliau menjelaskan program KKN merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten bersama dengan kampus-kampus yang di Sumatera Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button