PGRI

............

holiday angkasa wisata
Olahraga

Melihat Lebih Dekat Perjuangan Yeci Acsel, Sempat Terpuruk Usai Kecelakaan, Kini Wakili Sumsel di Peparnas Papua

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Yeci Acsel, gadis cantik asal Bumi Silampari ini bakal menjadi salah satu delegasi Sumsel pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI di Tanah Papua pada 2 hingga 16 November 2021 mendatang.

Gadis kelahiran, Lubuklinggau 13 November 2004 ini bakal turun di cabang olahraga Catur dalam pesta olahraga disabilitas terbesar Tanah Air tersebut.

Menjadi salah satu putra-putri kebanggaan provinsi Sumsel yang telah melalui rangkaian seleksi diajang bergengsi Peparnas Papua menurutnya menjadi kebanggaan tersendiri.

Ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk berprestasi, meskipun pada 2010 lalu Yeci sempat terpuruk saat kecelakaan sepeda motor yang membuat kakinya harus diamputasi.

“Dulu sempat sedih, ada yang mengejek, ada juga yang memberi semangat, ada yang care dan itu bagian dari perjuangan,” ujar Yeci, Jumat (24/9/2021).

Putri kedua dari tiga bersaudara pasangan Srinto Pakpahan dan Sarinah ini menambahkan bahwa Ia mengenal catur sejak dibangku SMP kemudian pada 2018 lalu ia bergabung dengan National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) Kota Lubuklinggau yang merupakan induk olahraga disabilitas.

Mendapat support dan pembinaan, Yeci kemudian mengalami akselerasi prestasi hingga kemudian di 2021 ini berhasil terpilih menjadi salah satu atlet dalam Kontingen Sumsel di Peparnas Papua.

“Jadi 2018 itu ditawari Pak Agus Ketua NPCI Lubuklinggau, untuk gabung dan ikut pembinaan,” terangnya.

Dari beberapa kompetisi yang diikuti, Yeci sempat beberapa kali meraih juara baik di single event maupun multi event.

Bahkan pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) di Jakarta 2019 lalu, Yeci berhasil meraih medali emas.

“Dan sekarang terus latihan di Program Pelatda Terpusat dari NPCI Sumsel di JSC Palembang,” terangnya.

Dalam berbagai kompetisi, ia selalu ingat pesan orang tuanya yaitu tetap fokus saat bertanding.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button