PGRI

............

holiday angkasa wisata
Politik

Menakar Hijrahnya Politisi, Dodi dan Nanan Dinilai Jadi Bayang-Bayang Herman Deru

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Meski pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masih tiga tahun lagi, namun aroma persaingan politik mulai terasa belakangan ini.

Beberapa kepala daerah di Sumatera Selatan melakukan hijrah politik dengan melakukan perpindahan partai. Meski hal ini menjadi hal wajar dalam politik, namun pola ini bisa menjadi bayang-bayang kepala daerah yang saat ini menjabat mana kala akan memimpin dua periode.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pemerhati Sosial Politik dan Praktisi Opini Publik dari Rumah Citra Indonesia (RCI) Fatkurohman, S.Sos, Senin (12/7/2021).

Sebut saja Walikota Lubuklinggau dua periode Prana Putra Sohe yang hijrah dari Partai Golkar menuju Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Boleh jadi perpindahan Prana Putra Sohe disebut-sebut akan berpasangan dengan Dodi Reza Alex Noerdin yang merupakan Pimpinan Partai Golkar di Sumsel. Sehingga hijrahnya Nanan mampu menambah koalisi Partai dalam Pilkada 2024 dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Jadi motif politik menjadi pemicu banyak kepala daerah pindah partai. Boleh jadi Dodi dan Nanan akan berpasangan di Pilkada 2024 nanti. Dan tentu ini jadi bayang-bayang Herman Deru mana kala beliau ingin dua periode,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Bung FK ini menambahkan kekalahan Dodi Reza Alex Noerdin melawan Herman Deru menuju Sumsel Satu pada Pilkada sebelumnya tentu menjadi evaluasi besar baik dalam hal strategi politik, pemilihan pasangan, hingga koalisi partai.

Apalagi Nanan secara politik memiliki peluang besar di Pilkada 2024 baik dalam tahta Gubernur maupun Wakil Gubernur.

Namun demikian, Bung FK tak menampik bahwa Herman Deru melalui Partai Nasdem dan koalisinya tentu tak tinggal diam. Dua periode kepemimpinan dalam Pilkada terkadang menjadi hal prestise dan menjadi pil pahit jika harus kalah dengan legowo satu periode.

“Dan tentu sebagai Incumbent banyak hal yang mampu dilakukan dalam merebut simpati masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bung FK bahwa perpindahan kepala daerah dari partai politik belakangan ini juga terjasi pada Wakil Bupati OKI dari Partai Demokrat menuju PKB, kemudian Wakil Walikota Pagaralam dari PKB menuju Partai Nasdem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button