Pendidikan

Pekan Kewirausahaan 2021 “Universitas PGRI Palembang”

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sharing Session dan Promotion Class Wirausaha Mahasiswa, Alumni dan Dosen Universitas PGRI Palembang
Kewirausahaan atau entrepreneurship saat ini sedang menjadi perhatian khusus berbagai pihak di Indonesia, termasuk Universitas PGRI Palembang.

Dengan merealisasikan salah satu program kerja UPT Business dan Science Center 2021 dan dalam rangka menumbuhkan minat dan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa, maka UPT Business & Science Center UPGRI Palembang bekerja sama dengan Unit Inkubator Bisnis dan Dosen-dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan menggelar Sharing Session dan Promotion Class Wirausaha Mahasiswa, Alumni dan Dosen Universitas PGRI Palembang dalam rangka kompetisi berupa ide inovatif, peluang , cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu usaha.

Acara ini dilaksanakan di Aula Aidil Fitrisyah Lantai 5 UPT BSC Universitas PGRI Palembang. Sabtu (23/10/2021) lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Palembang diwakili oleh Wakil Rektor I dan II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR. , kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., Kepala UPT Business dan Science Center Zahruddin Hodsay, SPd, MM, C LMA, C MMI , para dosen di lingkungan Univertas PGRI Palembang, para mahasiswa , serta tamu undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan yg ketat.

(Suasana sharing session)

Ketua Pelaksana Kegiatan Zahruddin Hodsay, SPd, MM, C LMA, C MMI dalam sambutannya mengatakan pada sharing session tersebut, Universitas PGRI Palembang menghadirkan tujuh pemateri yang terdiri dari dosen, mahasiswa, serta alumni Universitas PGRI Palembang. Adapun narasumber Sharing Session dan Promotion Class tersebut adalah Muhammad Rauf Priyadi, Nur Muhammad, S.Pd., Hendri Gunawan, M.Pd., Yessy Rahma Utami, Muhammad Topan, Arifin Wanda, S.Pd., dan Arizona, M.Pd. yang dimoderatori oleh Rahmawati, M.Si.

Lebih jauh Zahruddin menambahkan kegiatan ini dalam rangkaian Pekan Kewirausahaan semestinya 1 pekan full kegiatan tiap hari yang bersifat kewirausahaan. Namun karena pandemi jadi terpotong-potong rangkaian kegiatannya.

Untuk kegiatan Sharing Session dan promotion class kita menghadirkan narasumber mahasiswa, alumni dan dosen yang punyo usaha. “Mata kuliah kewirausahaan hampir di seluruh prodi yang ada di UPGRI Palembang khususnya bagi mahasiswa yang sudah berada di semester lima.

UPTD ini membantu mahasiswa memfasilitasi berbagai kegiatan yang berbau entrepreneurship. Ada 5 kegiatan yg sudah berlangsung diantaranya digital marketing, sharing session, webinar kewirausahaan dan lomba tiktok. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Universitas PGRI Palembang. Melaju dengan Mutu. Bahwa Universitas PGRI Palembang dengan berbagai fakultas kita mencetak generasi yang unggul dan berdaya saing dengan tagline Melaju dengan Mutu dan Cyber University, maka kita juga memiliki kegiatan yang support ke arah itu khususnya bidang kewirausahaan.

Kegiatan kita juga dikaitkan dengan cyber univercity seperti kegiatan digital marketing, tiktok, webinar online dan sebagainya. Jadi ketika mahasiswa kita lulus dari UPGRI Palembang siap memasuki lapangan kerja dan siap menciptakan lapangan kerja,” tambah Hodsay.

Menurutnya selama ini rutin menggelar bazar namun terkendala pandemi Covid 19 sehingga sempat terputus. Dalam rangka meningkatkan mutu, perkuliahan kewirausahaan tak hanya teori tapi dipraktekkan dalam bentuk bazar bagi mahasiswa.

“Mulai dari proses perencanaan, pembelian bahan, menghitung harga pokok penjualan, etika penjualan dan marketing plan,” ujar Zahruddin yang juga menyebutkan bahwa salah satu kegiatan ke depan pendirian dan lauching unit-unit usaha berbasis laboratorium di lingkungan UPT BSC universitas PGRI Palembang.

Rektor Universitas PGRI Palembang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I dan II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR dalam sambutannya mengatakan bahwa diskusi kali ini menjadi sangat penting, karena belajar dari ke tujuh pemateri berpengalaman, sehingga kita dapat inspirasi tentang cara berwirausaha.

Kegiatan ini tidak hanya membekali mahasiswa dengan kompetensi-kompetensi akademik yang sesuai dengan jurusannya, tetapi juga membekali dengan bidang-bidang yang lain nonakademik dan tentu ini bekal yang sangat penting termasuk dalam bidang kewirausahaan.

“Untuk menjadi wirausahawan, prosesnya tidak sederhana, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Tentu belajar sesuatu itu yang tepat adalah dengan ahlinya,” tambah Yasir.

Salah satu narasumber mahasiswa program studi Bahasa Indonesia semester 7 Universitas PGRI Palembang Muhammad Topan sberbagi pengalaman dan proses Ia bercerita bahwa berwirausaha sudah dimulainya sejak tahun 2000-an dengan berjualan roti, dari sinilah Topan melatih mentalnya. “Tidak semua usaha harus berhasil, tapi apa sih yang paling penting? Yaitu kita bisa bangkit lagi setelah gagal dan itu pengalaman yang paling mahal karena kita mengalaminya sendiri dan yang murah, kita belajar dari orang yang pernah mengalaminya,” tutur Topan.

Menurutnya, dalam berwirausaha bukan sekadar uang tetapi juga kepercayaan orang lain kepada kita. Pada akhir sharing, tak lupa Topan memberikan tips agar usaha berjalan dengan baik. memotivasi untuk teman-teman yang ingin merintis usaha sendiri yakin, bawa usaha anda itu bisa berjalan dengan lancar jadi jangan takut usaha kamu itu tidak ada hasil pasti ada hasilnya pokoknya yakin saja bahwa kamu bisa, yakin bisa maju aja jangan ada pesimis pokoknya pasti ada jalannya niatnya baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button