PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

PKKMB Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP Ajak Mahasiswa Baru Mengenal Lebih Dekat dan Beradaptasi dengan Kehidupan Kampus

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tatap muka secara langsung. Mengusung tema “PKKMB Sebagai Pionir Mewujudkan Mahasiswa Yang Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing ” ini digelar di Gedung F lantai 4 UPGRIP, Kamis (29/9/2022).

Ketua Pelaksana sekaligus Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si.mengatakan pengenalan kampus ini merupakan bagian penting bagi seorang mahasiswa baru. Dari kegiatan ini mahasiwa baru akan mulai mengenal kampus tempat mereka menimba ilmu.

“Khususnya di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi, mulai dari Sarana dan Prasarana (ruang kuliah, ruang lab, ruang perpustakaan, ruang workshop, lapangan olahraga), Dosen-dosen di program studi Biologi, Fisika dan Sains Lingkungan, staf pengelola administrasi, mahasiswa di dalam prodi maupun di luar prodi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi,” ujarnya.

(Suasana mahasiswa saat mengikuti PKKMB)

Sementara itu Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes dalam sambutannya mengatakan kegiatan hari ini merupakan rangkaian terakhir dari pengenalan kampus. Pada hari pertama pengenalan kampus dilakukan untuk tingkat Universitas kemudian hari kedua di tingkat Fakultas.

“Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung mahasiswa baru Fakultas Sains dan Teknologi. Dalam sambutannya, Dekan memaparkan sejarah, latar belakang dan tujuan pendirian Fakultas Sains dan teknologi. Dalam sambutannya juga mengungkapkan keunggulan dan fasilitas, berbagai aturan akademik, dan etika yang berlaku di Fakultas SAINTEK. Diinformasikan juga prospek kerja lulusan di berbagai instansi pemerintahan, BUMN, Perusahaan Swasta dan prospek di bidang enteurpreneurship. Semoga dengan bergabungnya di Fakultas Sains dan Teknologi menjadi jembatan mencapai cita-cita, dan ilmu yang akan didapat bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.
Kasubag akademik, kemahasiswaan dan kerjasama Joni Iswan,S.Sos.,M.Si menyampaikan mengenai ormawa yang ada di fakultas SAINTEK. Dihimbau untuk ikut organisasi kemahasiswaan untuk meningkatkan hardskill dan softskill.
Plt. Ketua Program Studi Biologi Dian Mutiara, S.Si., M.Si menyampaikan mengenai info program studi biologi dan tridarma perguruan tinggi. Dalam pelaksanaan tridarma melibatkan seluruh civitas akademika. Sarana dan prasarana prodi biologi sudah memadai sehingga perkuliahan dapat dilaksanakan dengan baik. Fasilitas laboratorium dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk proses pembelajaran. “Kami berharap untuk mahasiswa baru dan angkatan di atasnya untuk berwirausaha yang dapat diusulkan untuk didanai oleh kemenritekdikbud,” jelasnya.

Ketua Program Studi Jumingin, S.Si., M.Si. memperkenalkan dosen-dosen prodi fisika: Dr. Dui Yanto Rahman, M. Si. Dr. Rita Sulistiyowati, M. Si. Atina, M. Si. Parmin Lumban Toruan, S. Si., M. T. Rahmawati, M. Pd. dan Joni Iswan, S. Sos., M. Si. Perlu menjadi perhatian mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan harus memahami penggunaan “SISFO” system informasi online universitas PGRI Palembang. Mohon diperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan mahasiswa dalam memanfaatkan sisfo, jangan sampai berfikir kalua sudah membayar SPP berarti sudah selesai administrasi akademik. Pengisian KRS, nilai mahasiswa, penggunaan e-learning dan lain-lain semua ada di sisfo tersebut. Demikian semoga apa yang menjadi target dari mahasiswa bisa tercapai, terutama tamat tepat 4 tahun mendatang (2026).

(Suasana mahasiswa saat memantau grand house)

Plt. Kaprodi Sains Lingkungan Yunita Panca Putri, S.Si., M.Si. dalam sambutannya mengatakan terima kasih atas kepercayaannya memilih Prodi Sains Lingkungan FST Universitas PGRI Palembang. Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai Forlap dikti, yang merupakan sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi. Data mahasiswa penting untuk dilaporkan ke Forlap Dikti, agar mahasiswa statusnya memang aktif sedang kuliah di PT yang resmi/tidak illegal. Laman forlap dikti dibuat untuk mempermudah pengguna mengakses berbagai data PT, Prodi, mahasiswa bahkan lulusan. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi kunjungan Laboratorium biologi, Fisika dan Green House.

Acara selanjutnya sesi ormawa yang diisi gubernur BEM Shinta Regina Prayoga, DPM M.Rusli, Ketua HMPS Biologi Sintiya Putri, Ketua HMPS Fisika Azizah patimah dan Ketua HMPS Sains Lingkungan oleh Rangga.

Penutupan acara PKKMB berlangsung pukul 17.00 WIB ditutup langsung oleh Dekan SAINTEK Dewi Novianti,S.Si., M.Kes beserta seluruh panitia yang terlibat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button