Pendidikan

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UPGRIP Gelar Sosialisasi dan PkM di SMK Madyatama Palembang

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang tak hanya konsen dalam menciptakan lulusan yang berkualitas melalui Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian dan Pengembangan.

Akan tetapi Kampus Biru ini terus melaksanakan program yang tak kalah penting dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Berangkat dari hal tersebut, sebanyak tujuh dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Palembang menggelar PkM di SMK Madyatama Palembang dengan tema Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pengenalan Komunikasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash

PkM tersebut diketuai oleh Evi Rosmiyati, M.Pd., dengan keenam anggota yakni Yuspar Uzer M.Pd, Yus Vernandes Uzer, M.Pd, Hj. Noviati, M.Pd , Herlina, S.S, M.Pd, Dewi Kartika Sari, M.Pd.,Etty Pratiwi, M.Pd. , dan melibatkan tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Mahfi Putra Riansyah, Alwan Ammar Zaki dan Ariqah Nailah Putri.

(Suasana PkM di SMK Madyatama Palembang)

Dihadapan para siswa-siswi jurusan Perhotelan dan guru masing-masing dosen menyampaikan berbagai materi yang berbeda yakni Hj. Noviati, M.Pd dan Herlinawati, M.Pd. materi yang disampaikan yakni Media Pembelajaran Interaktif, Evi Rosmiyati, M.Pd. dan Etty Pratiwi, M.Pd. menyampaikan materi Jenis jenis Media Pembelajaran Interactive, Yuspar Uzer, M.Pd., menyampaikan materi tentang Konsep Kemampuan Berbicara, Yus Vernandez Uzer, M.Pd. dengan materi Macromedia Flash., sedangkan Dewi Kartika, M.Pd dan ke tiga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan materi Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pengenalan Komunikasi Inggris berbasis Macromedia Flash SMK Madyatama Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana PkM Evi Rosmiyati, M.Pd didampingi oleh Yusfar Uzer, M.Pd mengatakan bahwa Kemampuan menerapkan media pembelajaran macromedia flash menjadi keharusan bagi peserta didik dan guru dalam peningkatan proses belajar mengajar. Penguasaan penggunaan media yang terlatih akan mempengaruhi kualitas pendidik dan peserta didik tersebut maupun lembaga yang dikelolanya.

“Oleh karena itu PkM ini diharapkan bisa menghasilkan luaran tambahan yaitu buku ber ISBN yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dilingkungan SMK dan Universitas PGRI Palembang,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap PkM ini dapat bermanfaat bagi guru, peserta didik dalam meningkatkan penerapan media pembelajaran interaktif dalam pengenalan komunikasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash dapat meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris dibidang perhotelan dapat memotivasi peserta didik untuk belajar Bahasa Inggris sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang bahasa Inggris khususnya dibidang perhotelan dan diharapkan hasil penerapan ini juga dapat digunakan sebgai bahan pertimbangan untuk pengambil keputusan yang terkait dengan peningkatan kualitas siswa, guru dan tenaga administrasi di sekolah masing-masing.

“Selain itu, ini salah satu implementasi program wajib harus dilakukan dosen sebagai syarat melengkapi Tri Dharma perguruan tinggi/tugas dosen yang difasilitasi pihak kampus,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Evi Rosmiyari juga mengatakan bahwa Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Selatan memiliki banyak keunggulan.

(Siswa SMK Madyatama Palembang saat mengikuti PkM Dosen Pendidikan Bahasa Inggris dan PGSD FKIP UPGRIP)

Apalagi, saat ini telah memiliki akreditasi B yang dilengkapi fasilitas laboratorium 5 lantai dan perpustakaan yang lengkap. “Selain fasilitas lengkap. Universitas PGRI juga memiliki akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan,” jelasnya.
Menariknya lagi, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran
Selain itu, bagi orang tua siswa anggota PGRI, akan mendapatkan diskon SPP hingga 50 persen dan bagi guru-guru yang akan melanjutkan S2, yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran sebesar Rp. 600.000;

“Kita mempunyai tiga program Studi di Pascasarjana, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Manajemen Pendidikan,” urainya.

Sementara itu dikatakan Kepala sekolah SMK Madyatama Hj. Syafriana, M.Pd. mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SMK Madyatama sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu para guru dan para siswa SMK Madyatama Palembang kami dalam meningkatkan menumbuhkan pemahaman siswa menampilkan percakapan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan sehingga siswa dapat berbicara Bahasa Inggris secara lancar, komunikatif dan cerdas dalam menggunakan bahasa Inggris melalui penggunaan macromedia flash,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button