PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Prodi Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Gelar Sosialisasi, PkM, MoU, MoA, dan PKS di SMAN 1 Pulau Beringin OKUS

 

SumselMedia.Com, OKUS-

Tim Dosen Program Studi Sains Lingkungan FST Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Sosialisasi, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA), dan Perjanjian Kerjasama di SMAN 1 Pulau Beringin, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Pelaksanaan PkM yang dilakukan yakni menyoroti soal masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang penggolongan sampah berdasarkan sifat, bentuk dan sumbernya. Kemudian kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan jika sampah tidak dikelola menurut fungsi dan kebutuhannya.

(Tim Dosen UPGRIP saat menyampaikan materi PkM)

PkM tersebut diketuai oleh Ita Emilia, M.Si. yang beranggotakan Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR., Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., Dr. Wahyu Saputra, S.Pd., M.Si., Jumingin, M.Si., Helfa Septinar, S.Pd., M.Si., Yunita Panca Putri, M.Si dibantu oleh mahasiswa yakni Parasmita Anggraini.

Ketua PkM Ita Emilia, M.Si mengatakan kegiatan ini sangatlah penting lantaran masih rendahnya ilmu pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang cara yang tepat dan benar dalam mengelola sampah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari seperti sampah yang berasal dari lingkungan sekolah.

(Tim Dosen UPGRIP saat menyampaikan materi PkM)

“Guna mendorong perubahan sikap dan pola pikir menuju terwujudnya masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Program Studi Sains Lingkungan Universitas PGRI Palembang merasa perlu untuk melakukan kegiatan sosialisasi kepada peserta didik/siswa dan guru dengan tema“ Sistem Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R ( _Reduce_, _Reuse_ , _Recycle_ ) di SMAN 1 Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.

Lanjutnya, peserta didik memiliki pengetahuan dalam memahami cara-cara pengelolaan sampah yang baik dan tepat sehingga timbul kesadaran untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan terutama lingkungan di SMAN 1 Pulau Beringin, OKUS.

(Suasana Penandatanganan Kerjasama)

Ia menambahkan, bahwa PkM ini merupakan komitmen para dosen Universitas PGRI Palembang dalam melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah komitmen dalam program PkM.

Kegiatan PkM ini juga diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 1 Pulau Beringin Kabupaten OKUS.

Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian., M.M., M.Si., CIQaR. dalam hal ini diwakili oleh Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR dengan Kepala SMA Negeri 1 Pulau Beringin Listinah, S.Pd., M.M diwakili oleh Wakil Sarana Prasarana Jumhasan, A.Md.

Sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., diwakili oleh Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si. dengan Wakil Kurikulum SMA Negeri 1 Pulau Beringin Kabupaten OKUS. Limiah, S.Ag.
Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara plh Ketua Program Studi Sains Lingkungan dalam hal ini oleh Yunita Panca Putri, M.Si. dengan SMAN 1 Pulau Beringin Wakil Sarana Prasarana Jumhasan, A.Md.

Dalam sambutannya Plh Ketua Program Studi Sains Lingkungan dalam hal ini oleh Yunita Panca Putri, M.Si , menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU, MoA pada hari ini sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

(Foto bersama)

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 3 Program Studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Yunita, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki tiga prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan sisfo.

Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Pulau Beringin Listinah, S.Pd., M.M diwakili oleh Wakil Sarana Prasarana Jumhasan, A.Md. mengucapkan terima kasih atas pilihan Universitas PGRI Palembang menjadikan sekolahnya sebagai salah satu mitra dalam kerjasama pendidikan yang dituangkan langsung melalui MoU, MoA dan juga IA.
Selain itu, ucapan terima kasih juga atas Penyuluhan dan Pelatihan Sistem Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R yang diberikan oleh Universitas PGRI Palembang melalui PkM.

“Semoga ilmu yang disampaikan dapat kami aplikasikan dalam meningkatkan kualitas SDM serta semakin timbul kesadaran untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan terutama lingkungan di SMAN 1 Pulau Beringin,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button