Olahraga

Raih 120 Medali Emas, Palembang Berhasil Kembali Bawa Tropi Juara Umum Porprov

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Kontingen Palembang kembali membawa pulang tropi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII setelah sukses meraih 120 medali emas, 98 perak dan 123 perunggu pada ajang multi event olahraga bergengsi di OKU Raya tersebut. Pasalnya, tropi juara umum sempat absen dari Palembang dan diraih Kontingen Muba pada Porprov XII di Kota Prabumulih 2019 lalu.

Berdasarkan klasmen resmi yang dikeluarkan dari Bagian Pertandingan PB Porprov XIII, Palembang memimpin klasmen dengan torehan 120 medali emas, unggul topis dari Muba yanh meraih 114 medali emas sementara tiga besar yakni OKUS jauh tertinggal 60 medali emas.

Posisi keempat dihuni oleh OKU Induk dengan 35 emas, Muaraenim 35 emas di lima besar dan Musi Rawas dienam besar dengan hasik 29 medali emas. Peringkat tujuh dihuni Lubuklinggau dengan 28 emas, peringkat delapan dihuni Lahat denhan 26 emas dan posisi sembilan ada OKI dengan 26 emas dan 10 besar oleh Pali dengan 25 emas.

Dibawah Pali ada OKU Timur dengan 22 emas, kemudian disusul Banyuasin 16 emas, Prabumulih 14 emas, Pagaraalam 14 emas, Empat Lawang 12 emas, Ogan Ilir 6 emas dan posisi terakhir dihuni Muratara dengan torehan lima medali emas.

Ketua KONI Palembang Anton Nurdin didampingi Sekretaris Rubi Indiarta dan Ketua Harian Ruben Alkahtiri mengucapkan terimakasih pada semua atlet offisial dan pelatih yang telah berjuang mengembalikan marwah Kota Palembang, yang mana kontingen Kota Palembang berhasil merebut predikat Juara Umum pada Porprov ke Xlll OKU Raya yang sebelumnya ada ditangan Kabupaten Muba.

“Kami semua yang bertugas di Porprov mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya yang baik terutama rekan-rekan Atlit, Oficial,dan para pelatih yang sudah berjuang penuh untuk meraih juara umum ini,selama gelaran Porprov Xlll di OKU Raya ini. Kami mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan kami,” ungkap Anton Nurdin.

Anton menambahkan rencana Piala Juara Umum akan di arak dan berakhir di Rumah Dinas Walikota Palembang.

“Ini sejarah bagi Kota Palembang di priode pertama kepemimpinan saya bisa mempersembahkan predikat Juara Umum pada Porprov. XIII OKU RAYA 2021, ini prestasi yang membanggakan bagi Kota Palembang, untuk itulah Piala ini langsung kami bawah dan kami perlihatkan pada Walikota Palembang” ujar Anton.

Ia juga menegaskan di Porprov ini Pemkot Palembang dapat memberikan hak para atlet yang sudah berlaga di Porprov Sumsel ke Xlll seperti yang sudah direncanakan sebelumnya dengan memberikan bonus untuk peraih mendali emas 15 juta perak 10 juta dan perunggu 7,5 juta.

Pemerintah Kota Palembang juga akan mempersiapkan penyambutan bagi kontingen yang sudah berjuang demi membawa nama baik Palembang sesuai moto “Kita galak kito pacak palembang juara” lanjut Anton

Keberhasilan merebut mendali emas terbanyak pada Porprov 2021 diluar dugaan karena sebelumnya diketahui cukup ketatnya persaingan antar atlet dari kabupaten lain.

Menurutnya keberhasilan ini pula tidak lepas dari semangat berjuang baik dari atlet, pelatih, pendamping dan tidak lepas dukungan doa masyarakat Kota Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button