PGRI

............

holiday angkasa wisata
Olahraga

Resmi Terbentuk, IPF Targetkan Pickleball Digelar di Porprov Lahat 2023

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pengurus Indonesia Pickleball Federation Provinsi Sumatera Selatan resmi terbentuk sejak akhir 2021 lalu. Bahkan, cabang olahraga asal Amerika Serikat ini menargetkan bisa dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Kabupaten Lahat.

Demikian disampaikan Ketua IPF Sumsel Dr Meyrizal Usra MKes didampingi Sekretaris Dr Muslimin MPd saat menggelar Rapat Kerja (Raker) IPF Sumsel 2022 di Meeting Room Universitas Bina Darma Palembang, Kamis (10/2/2022).

Raker tersebut membahas tentang perencanaan program kerja IPF 2022 terutama mensosialisasikan Pickleball ke masyarakat dan generasi muda serta konsolidasi organisasi.

“Karena ini adalah cabang olahraga baru yang sedang gencar di sosialisasikan ke seluruh Indonesia. Induk organisasi IPF Indonesia telah mengesahkan 23 pengurus Provinsi diseluruh Indonesia dan telah melaksanakan agenda rutin kejuaraan nasional,” ujar Meyrizal.

Lanjut dia, saat ini Sumatera Selatan telah sah memiliki kepengurusan sesuai dengan SK IPF Sumatera Selatan yang dikeluarkan pada tanggal 1 November 2021. Selain itu saat ini Pengurus kabupaten/kota seluruh Sumatera Selatan telah siap untuk disahkan sebanyak 9 pengurus kabupaten dan kota.

Selanjutnya dalam upaya memasyarakatkan olahraga Pickleball ini, pengurus akan berkoordinasi dengan Dispora Provinsi Sumatera Selatan dan Kadisdik Provinsi Sumatera Selatan untuk mensosialisasikan ke sekolah dan lembaga lainya.

Sementara itu dikatakan Sekretaris IPF Sumsel Dr Muslimin MPd bahwa Pickleball merupakan Cabang Olahraga yang masuk dalam kategori permainan.
Permainan ini sangat unik dan menarik masuk dalam kategori olahraga prestasi sehingga secara organisasi dibawah KONI Sumatera Selatan.

“Permainan ini mirip dengan tenis lapangan dan bulutangkis karena tekniknya hampir sama ukuran lapangan Panjang 13.41 M lebar 6.10 M, raket yang digunakan dinamakan Paddle,” jelasnya.

Lanjut dia, bahwa permainan ini berpotensi karena dalam satu tim dapat meraih 7 medali yang diperebutkan. Nomor pertandingan yaitu Single Putar/Putri, Ganda Putra/Putri, Mix Duoble, beregu Putra dan beregu Putri.

“Dan sesuai hasil Raker tadi, kita menargetkan kedepan olahraga ini sudah bisa masuk ke di dalam olahraga yang dipertanggungkan pada Porprov Lahat tahun 2023,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button