PGRI

............

Pendidikan

Serap Mahasiswa Baru, UBD Gandeng Unsri di USMB 2023

 

SumselMedia.com, Palembang-

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Sumsel tahun ini kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023.

Menariknya, selain jalur reguler mendaftar di UBD, para peserta bisa mengikuti seleksi melalui Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) yang digelar Universitas Sriwijaya (Unsri).

Launching USMB 2023 dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bina Darma, M. Izman Herdiansyah, ST., MM., Ph.D di Gedung Joenioekti Unsri Bukit Besar Palembang, Senin (15/5/2023).

Turut hadir Ketua Panitia Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Universitas Sriwijaya Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, PhD., IPU didampingi Humas USMB Unsri Prof. Dr. H. Zulkifli Dahlan, M.Si., PhD dan para delegasi 12 PTS lainnya yang bekerjasama dengan Unsri pada USMB 2023.

“Sejak program USMB, Alhamdulillah Univeritas Bina Darma ikut dan disambut luar biasa oleh calon mahasiswa. Tahun lalu ada sekitar hampi 400 an mahasiswa, tahun ini setidaknya bisa sama,” ujar M. Izman.

Dikatakannya, PMB di UBD sangatlah banyak. Bisa melalui USMB, atau mendaftar ke UBD baik secara online maupun daftar langsung. Bahkan, UBD juga memiliki program spesial yakni jalur prestasi.

Jalur prestasi ini diharapkan masyarakat bisa tahu, karena ini sangat baik. Bahkan, ada sampai gratis kuliah. Setidaknya minimal bisa juara nasional sebuah kompetisi. “Ada juga program santri. Dan ini komitmen kami UBD untuk tetap terus mengapresiasi anak bangsa yang berprestasi,” urainya.

Sementara itu, Ketua Panitia Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Universitas Sriwijaya Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, PhD., IPU menyampaikan USMN tahun ini bekerjasama dengan 13 PTS di Sumsel dan salah satunya UBD.

“USMB tahun ini, kuota kita 30 persen dari total keseluruhan 8.000 mahasiswa baru. Dan USMB ini kita juga bekerjasama dengan 13 PTS yang ada di Sumsel,” ujarnya.

Zainuddin Nawawi menambahkan bahwa pelaksanaan USMB ini sama seperti mekanisme UTBK nasional yang telah berjalan sebelumnya. Jadi, kepada semua peserta jangan ada yang percaya kepada siapa pun yang mengaku bisa meloloskan masuk Unsri atau Joki.

Melalui USMB diharapkan para calon mahasiswa bisa memilih jurusan pilihannya masing-masing. Karena setiap Universitas tentu memiliki program studi unggulan masing-masing.

“Proses USMB sama seperti seleksi UTBK. Jadi mulai mendaftar, kemudian, verifikasi dan mendapat PIN untuk mendapat jadwal tes,” urainya.

Bagi yang mengikuti UTBK Unsri, tidak perlu terburu-buru mendaftar USMB karena siapa tahu UTBK yang diikuti lolos. Karena ada jeda 4 hari untuk mendaftar jika UTBK tidak lolos bisa mendaftat dengan program USMB.

Jadwal UTBK USMB 2023

  •  8-14 Mei, Pelaksanaan Tes UTBK SNBT Gelombang 1
  • 22-28 Mei, Pelaksanaan Tes UTBK SNBT Gelombang 1
  • 16 Mei – 24 Juni, Pendaftaran USMB SLTA-D3
  • 16 Mei – 8 Juni, Pendaftaran USMB SLTA-D3 dan D3 ke S1
  • 20 Juni, Pengumuman UTBK SNBT
  • 27-30 Juni, Tes USMB SLTA ke S-1
  • 6 Juli, Pengumjman USMB SLTA ke S-1
  • 11 Juli, Pelaksanaan Tes USMB SLTA ke D3 dan D3 ke S1
  • 14 Juli, Pelaksanaan Tes USMB SLTA ke D3 dan D3 ke S1

Daftar 13 Perguruan Tinggi Peserta USMB

  1.  Universitas Bina Darma
  2.  Universitas Indo Global Mandiri
  3. Universitas Katolik Musi Charitas
  4. Universitas MDP
  5.  Universitas Muhammadiyah Palembang
  6. Universitas Musirawas
  7. Universitas PGRI Palembang
  8. Universitas Tridinanti
  9. Universitas Sumatera Selatan
  10.  Universitas Taman Siswa
  11.  Universitas Candradimuka
  12. STIE/Akubank Mulia Darma Pratama

Lokasi Ujian Kampus Unsri Bukit:

1. Fakultas Kedokteran
2. FKIP Ogan
3. Graha Sriwijaya
4. Gedung KPA Unsri Bukit Besar

Lokasi Mitra:

1. Universitas MDP (MDP IT Store)
2. Universitas Indo Golbal Mandiri, Gedung C
3. SMAN 1 Palembang
4. SMAN 2 Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button