PGRI

............

Olahraga

Tambah Cabor Baru, Peparprov IV Sumsel di Lahat 2023 Larang Atlet Luar

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Ajang Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV di Lahat yang bakal digelar pada November 2023 di Kabupaten Lahat mendatang bakal mempertandingkan 10 cabang olahraga.

Multi event olahraga disabilitas terbesar provinsi tahun depan akan menjadi ajang yang berbeda dari Peparprov sebelumnya karena menambah satu cabor baru yakni futsal.

Sehingga 10 cabor tersebut adalah goal ball, voli duduk, angkat berat, para atletik, para badminton, para catur, para panahan, para tenis meja, para renang dan para futsal.

“Dan berdasarkan CdM I kemarin, untuk cabor baru para futsal adalah khusus klasifikasi cerebral palsy atau CP,” ujar Ketua NPCI Lahat, M Soleh pada Chef de Mission (CdM) ke-1 di Hotel Batiqa Palembang belum lama ini.

Lanjut M Soleh, bahwa pada prinsipnya NPCI Kabupaten Lahat dan Pemerintah Kabupaten Lahat siap menjadi tuan rumah Peparprov IV nanti di Bumi Seganti Setungguan.

Dalam paparannya, pada Februari 2023 dijadwalkan rencana Monev dari NPCI Sumsel, kemudian CdM ke-2 pada Maret 2023, Entry by name dan Entry by Number pada April 2023 dan CdM ke-3 pada September 2023 sedangkan pelaksanaan pada November 2023.

(Foto bersama NPCI Sumsel dan NPCI kabupaten/kota pada CdM 1 Peparprov IV Sumsel di Hotel Batiqa Palembang)

Sementara itu, Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari menyampaikan bahwa dalam rangka penguatan atlet asli putra daerah asli Sumsel, pada Peparprov IV nanti tidak diperkenankan memakai atlet luar Sumsel.

Penguatan dilakukan agar melalui Peparprov akan lahir atlet andalan putra daerah yang akan menjadi delegasi Sumsel baik di level Peparnas, Asean Para Games, Asian Para Games hingga Paralimpiade.

“Jadi sesuai kesepakatan hasil CdM I, kami menegaskan bahwa Peparprov IV Sumsel di Lahat asli putra daerah,” tegasnya.

Pihaknya menghimbau kepada NPCI Kabupaten/Kota agar mempersiapkan para atletnya agar meraih pencapaian yang terbaik dari masing-masing daerahnya.

Untuk diketahui, pada CdM 1 tersebut turut dihadirkan Pengurus NPCI Pusat Bidang Organisasi Rio Suseno dan Bidang Humas Heri Isranto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button