PGRI

............

Pendidikan

Terus Lakukan Terobosan, UBD Gandeng Universiti Malaya

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus melakukan berbagai terobosan menuju Universitas bertaraf Internasional.

Bahkan, Universitas dengan target menuju UBD Unggul 2025 terus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan pendidikan berkualitas dunia khususnya di Sumsel. Dan kali ini, UBD menggandeng Univeraiti Malaya Malaysia.

Ketua Program studi Ilmu Komunikasi S2 Universitas Bina Darma, Dr. Rahma Santhi Zinaida. Menurut Rahma bahwa Kerjasama dengan Universiti Malaya sudah terjalin sejak tahun 2017, dimana pada saat itu diimplementasikan dalam program pertukaran pelajar.

Tahun ini, dilanjutkan dengan pengembangan program kerjasama diwujudkan dalam kegiatan visiting lecture Pada semester Genap tahun ajaran 2022-2023. Satu dosen dari Universiti Malaya Dr. Ruhana Padzil, melakukan program visiting lecture dengan menjadi pengajar pada mata kuliah komunikasi masa yang diampu secara tim bersama dengan Prof. Isnawijayani, Ph.D.

(Suasana kerjasama UBD dengan Universiti Malaya)

Pelaksanaan Visiting Lecturer sudah terlaksana dengan lancar, mahasiswa menyambut dengan sangat antusias, begitupun pensyarah dari Malaysia juga sangat antusis karena mahasiswa aktif bertanya hal-hal baru terkait mata kuliah yang diajarkan.

“Tentu banyak benefit yang bisa diambil dari program ini antara lain mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman belajar yang baru karena dosen tamu memberikan materi kuliah yang aplikatif dalam dunia manajemen di Malaysia,” ujarnya, Rabu (5/4/2023).

Selain program visiting lecture yang sedang berjalan, kerjasama antara Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma dengan Universiti Malaya khususnya di bidang gender dan media. Saat ini juga berjalan kegiatan join research atau penelitian bersama dibidang gender di industri kreatif khususnya pengerajin tenun dan kain tradisional khas di kota Palembang.

Publikasi ilmiah internasional dinilai sebagai salah satu tolok ukur produktivitas perguruan tinggi kelas dunia. Namun, perguruan tinggi Indonesia masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasinya, termasuk kepemilikan jurnal ilmiah bereputasi internasional.

Penelitian tersebut akan diselesaikan dalam tahun ini dan dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Dalam proses menuju UBD Unggul, kerjasama internasional merupakan salah satu upaya untuk menegaskan kualitas dari proses pendidikan yang diterapkan di Universitas Bina Darma.

Implementasi MOU dengan Universitas Luar Negri merupakan bukti nyata mendorong keberhasilan visi menjadi Universitas Berstandar internasional dan menuju UBD Unggul.

Sementara itu, Rektor UBD Dr. Sunda Ariana, M.Pd., MM mengucapkam terima kasih dan apresiasi kepada Prodi Ilmu Komunikasi S2 yang terus meningkatkan pola kerjasama guna mendukung UBD bertaraf Internasional dan UBD Unggul 2025.

Sumber: www.binadarma.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button