PGRI

............

holiday angkasa wisata
Olahraga

Tiga Agenda Besar ASTA Sumsel Menuju Sukses FORNAS 2022

//Pelantikan, Pelatihan Wasit-Juri dan Selekda//

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Asosiasi Seni Tarung Tradisi (ASTA) Indonesia bakal hadir di Sumatera Selatan. Bahkan, pengurus sebuah perkumpulan aliran seni bela diri ini akan menyelenggarakan tiga agenda besar menuju dalam mendukung suksesnya Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI, Juni 2022 mendatang.

Ketua ASTA Sumsel Mansyur Muchtaridy mengatakan bahwa ASTA merupakan salah satu olahraga masyarakat yang dibawah binaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Dan dipenghujung tahun 2021 ini ASTA Sumsel akan resmi terbentuk dengan adanya pelantikan dan pengukuhan pengurus yang rencananya akan dijadwalkan pada Sabtu 18 Desember 2021 di Gedung SMK Negeri 2 Palembang.

“Dan itu salah satu dari tiga agenda besar ASTA Sumsel. Dan ini juga dalam rangka kita mendukung KORMI Sumsel menuju suksesnya hajatan olahraga masyarakat terbesar Indonesia yang rencana Sumsel akan menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Selain itu lanjut Mansyur, bahwa agenda kedua ASTA Sumsel setelah pelantikan maka langsung menggelar Pelatihan Wasit dan Juri yang rencana akan digelar pada Jumat 18 Desember 2021 di Gedung SMK Negeri 2 Palembang.

Menurut Mansyur, Pelatihan Wasit dan Juri menjadi hal penting karena menjadi SDM utama selain pelatih, dalam menciptakan para pelaku seni tarung tradisi. Sehingga setelah wasit, juri dan pelatih siap maka akan lahir lah para petarung tradisi sesuai yang diharapkan ASTA Sumsel.

“Dan agenda ketiga dipenghujung tahun ini, ASTA akan menggelar Seleksi Daerah atau Selekda dengan tema Open Tournament Selekda Road to FORNAS 2022 yang rencana digelar pada 28 Desember 2021 nanti,” jelasnya.

Oleh karena itu, Mansyur mengundang para pelaku seni tarung tradisi untuk ikut dalam Selekda ASTA Sumsel karena para pemenang akan berpeluang memperkuat Sumsel pada FORNAS 2022 mendatang.

Secara rinci Mansyur menjelaskan bahwa Selekda ASTA Sumsel Road to FORNAS 2022 ini akan memperlombakan empat kategori yakni pemula, pra junior, junior dan senior.

Untuk kategori pemula memperlombakan kelas 36 kg, 39 kg, 42 kg dan 45 kg putra dan putri. Selanjutknya kelas prajunior yakni kelas 39 kg, 42 kg, 45 kg dan 52 kg. Kemudian kategori junior memperlombakan kelas 45 kg, 48 kg, 52 kg, 56 kg, 61 kg, 65 kg dan 70 kg. Sedangkan kategori senior mempertandingkan kelas kelas 45 kg, 48 kg, 52 kg, 56 kg, 61 kg, 65 kg, 71 kg, 77 kg, 83 kg dan 93 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button