PGRI

............

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Skripsi UPGRIP Melalui Pelatihan Penyamaan Persepsi

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna mendapatkan satu kesamaan persepsi dan standarisasi kompetensi para dosen pembimbing skripsi maka Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar acara Penyamaan persepsi dan pembimbingan Penulisan Skripsi.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang Dewi Novianti, S.Si., M.Kes, Wakil Dekan Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si, para ketua Program Studi Biologi, Fisika dan Sains lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi serta para undangan lainnya. Bertempat di Ruang Seminar Fakultas Sains dan Teknologi, lantai 3 Senin (19/12/2022).

Adapun narasumber dalam acara tersebut adalah Dewi Novianti, S.Si., M.Kes dengan materi Kebijakan Perguruan Tinggi Dalam Penyusunan Skripsi, Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si dalam materi Mekanisme Alur Penyusunan Skripsi, Rahmawati, M.Pd dengan materi Turnitinu, Etika pembimbinganSkripsi, dan daftar pustaka, Dian Mutiara , M.Si dalam materi Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka, Dr. Dui Yanto Rahman , M.Si dalam materi Metodologi Penelitian dan Hasil Pembahasan sedangkan Yunita Panca Putri, M,Si dalam materi Lampiran.

(Suasana kegiatan paparan penyamaan persepsi)

Ketua Pelaksana sekaligus Wakil Dekan oleh Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si mengatakan bahwa dengan Penyamaan persepsi dan pembimbingan penulisan skripsi. “Diharapkan akan mencapai penyamaan persepsi dalam pembimbingan mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya mendapatkan satu kesamaan persepsi dan standarisasi kompetensi para dosen pembimbing skripsi di lingkungan Fakultas,” ujarnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang, Dewi Novianti, S.si, M.Kes mengatakan merevisi draft pedoman penulisan skripsi yang tadinya hanya 3 kategori menjadi 11 kategori.

“Pedoman penulisan ini akan dibahas dalam penyamaan persepsi, agar menjadi panduan mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan pembimbingan skripsi,” jelasnya.

(Foto bersama)

Sementara Rektor Universitas PGRI Palembang dalam hal ini diwakili Wakil Rektor 1-2, Dr.Yasir Arafat,SE.MM, CiQaR, mengatakan bahwa turnitin mahasiswa 35% dan diharapkan mahasiswa diajarkan dalam mengartikan Parafrase dalam mencapai turnitin 35% selain itu kutipan juga.

Lanjutnya, kewajiban pembimbing yaitu dosen harus memberikan pembimbingan secara aktif, teratur, intensif, dan berkelanjutan baik pada aspek isi ataupun teknik penulisan skripsi.

“Selain itu dosen harus memberi motivasi dan dorongan percepatan penyelesaian penyusunan skripsi, mendorong terbentuknya budaya akademik pada mahasiswa yang dibimbingnya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button