PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

UBD Lahirkan Jurnal Teknologi Informasi Bernama JPM ITech

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang kembali melakukam terobosan. Kali ini, UBD melahirkan satu lagi Jurnal Ilmiah untuk Pengabdian kepada Masyarakat, yang mana Jurnal ini difokuskan kepada bidang Teknologi Informasi bernama JPM ITech.

Perjuangan lahirnya JPM ITech ini diawali pada 2 Desember 2021 lalu, ide pembuatan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ini dicetuskan oleh Alek Wijaya, S.Kom., MIT selaku Kaprodi Teknik Informatika, yang kemudian didiskusikan dengan Bapak Fatoni, M.M., M.Kom. selaku Kaprodi Teknik Komputer serta Bapak Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom. untuk merintis Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ini.

Langkah awal yang dilakukan adalah pengajuan pembuatan Open Journal System (OJS) kepada Wakil Rektor Bidan Riset, Inovasi dan Teknologi, Bapak Dr. Edi Surya Negara, M.Kom., yang digunakan untuk pengelolaan artikel pada Jurnal Ilmiah tersebut.

(Jurnal JPM ITech UBD Palembang)

Akhirnya dibentuklah satu Tim Editor dengan Bapak Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom. sebagai Chief Editor dan Ibu Rasmila, M.Kom. sebagai Associate Editor. Selain itu, anggota Tim Editornya adalah Bapak Alek Wijaya, S.Kom., MIT., Bapak Fatoni, M.M., M.Kom., Ibu Siti Sa’uda, M.Kom., Bapak Timur Dali Purwanto, M.Kom., Ibu Nurul Huda, M.Kom. dan Ibu Kurniati, M.Kom.

Jurnal Ilmiah untuk Pengabdian kepada Masyarakat ini diberi nama Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology (JPM ITech), yang telah memiliki P-ISSN 2828-5557 dan E-ISSN 2829-0364. Jurnal ini telah menerbitkan edisi pertamanya yaitu Volume 1 Nomor 1 Maret 2022 pada tanggal 21 Maret 2022 dan telah terindex Google Scholar. Adapun terdapat 6 Artikel yang terdiri dari beberapa Penulis dengan Perguruan Tinggi berbeda, yaitu Universitas Esa Unggul, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Hamzanwadi, Universitas Lancang Kuning, Universitas Bina Darma dan STMIK AMIKOM Surakarta.

Pada tanggal 4 Juni 2022, Tim Editor JPM ITech menyelenggarakan Launching ataupun Peresmian dari Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology (JPM ITech), yang juga telah memiliki DOI (Digital Object Identifier) baik untuk Artikel maupun Jurnalnya.

Untuk itu, secara resmi JPM ITech dapat dikunjungi melalui website https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech. JPM ITech untuk saat ini diterbitkan pada Bulan Maret dan September setiap tahunnya, dengan Tim Reviewer dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button