Pendidikan

Universitas PGRI Gelar Sosialisasi, Penandatanganan MoU dan PkM di SMAN 1 Pampangan OKI

 

SumselMedia.Com, OKI-

Sebanyak enam dosen Program Studi (Prodi) Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang menggelar sosialisasi, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Pampangan, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan, Senin (9/8/2021).

Kegiatan PkM sendiri diketuai oleh Yunita Panca Putri, M.Si., dengan anggota Dewi Rosanti, M.Si., Ita Emilia, M.Si, Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., Dian Mutiara, M.Si., dan Dwi Warsari, S.H., M.H.

Sementara, proses penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., melalui Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang, Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., dengan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si.

Tak hanya MoU, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA).

Prosesi MoA ditandatangani Kaprodi Biologi Universitas PGRI Palembang Dewi Novianti, S.Si., M.Kes dengan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si.

(Prosesi Penandatanganan MoU oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., melalui Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang, Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., dengan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si.)

Dalam sambutannya Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU tersebut, keluarga SMA Negeri 1 Pampangan sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

“Kami siap membantu siswa dan guru, dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian,” ujar Andi.

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 3 program studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Fisika FST dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Andi, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25 persen.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki tiga prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Ibu Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr H Bukman Lian, MM, MSi,” terangnya.

(Prosesi Penandatanganan MoA oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., melalui Kaprodi Biologi Universitas PGRI Palembang, Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., dengan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si.)

Senada dengan itu dikatakan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si., dalam sambutannya menyambut baik kerjasama ini. Apalagi, kerjasama ini langsung diwujudkan melalui PkM dengan tema pengenalan dan pemanfaatan tanaman obat dimasa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan.

“Kami bangga bisa menjadi Keluarga Besar Universitas PGRI Palembang. Kami akan memfasilitasi siswa dan guru-guru untuk melanjutkan studi S1 dan S2 ke Universitas PGRI Palembang. Saya dan juga guru-guru di sini, 70% merupakan alumni dari Universitas PGRI Palembang,” urainya.

Sementara itu pada kegiatan PkM disampaikan enam materi dari enam dosen yakni Teknik Menanam Tanaman Obat Pada Lahan Minimalis disampaikan oleh Dian Mutiara, M.Si., Karakteristik Morfologi Jenis-jenis Tanaman Obat di Sumatera Selatan disampaikan oleh Dewi Rosanti, M.Si., Hama dan Penyakit Pada Tanaman Obat disampaikan oleh Yunita Panca Putri, M.Si., Senyawa Metabolit Sekunder Pada Tanaman Obat Tradisional. disampaikan oleh Ita Emilia, M.Si., Pengujian Efektivitas Bahan Obat disampaikan oleh Dewi Novianti, S.Si., M. Kes., dan Kekuatan Hukum Terhadap Manfaat dan Kegunaan Tanaman Obat disampaikan oleh Dwi Warsari, S.H., M.H.

Ketua PkM Yunita Panca Putri, M.Si., mengatakan tumbuhan obat adalah tanaman yang sebagian atau seluruhnya digunakan sebagai obat, bahan atau ramuan. Pemanfaatan tanaman sebagai obat sudah dilakukan sejak lama.

Upaya pemanfaatan tanaman sebagai obat tidak hanya dilakukan oleh masyarakat umum, tetapi juga dilakukan oleh pemerintah. Pengetahuan tentang tumbuhan obat dan pengembangannya yang bersumber dari hutan dan pekarangan seharusnya mendapat perhatian besar.

Untuk menunjang kelestarian lingkungan hidup dan menjaga agar tumbuhan obat tetap ada maka perlu dikembangkan kegiatan budidaya tumbuhan obat.

(Keenam dosen Prodi Biologi, FST Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Yunita Panca Putri, M.Si., dengan anggota Dewi Rosanti, M.Si., Ita Emilia, M.Si, Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., Dian Mutiara, M.Si., dan Dwi Warsari, S.H., M.H., saat menggelar PkM di SMA Negeri 1 Pampangan OKI)

Tanaman empon – empon dengan kandungan curcumin mengandung zat aktif kurkuminoid yang berfungsi sebagai anti virus dan imunomodulator. Dewasa ini, tanaman telah menjadi sumber utama obat-obatan pada bidang kesehatan karena adanya bahaya atau efek samping penggunaan obat kimia sintetik. Permintaan global meningkat untuk obat berbahan herbal yang memungkinkan untuk budidaya tanaman obat lokal.

“Berdasarkan hal itu, maka perlu dilakukan kegiatan penyuluhan PkM

untuk memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman obat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh pada siswa dan siswi SMAN 1 Pampangan Kabupaten OKI,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud dosen dalam menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni selain

Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian dan Pengembangan juga Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). (ADV)

Caption Foto Utama:

Penyampaian Materi PkM oleh Dian Mutiara di SMAN 1 Pampangan OKI, Sumsel.

Caption foto dalam pertama:

Prosesi Penandatanganan MoU oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., melalui Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas PGRI Palembang, Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si., dengan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si.

Caption foto dalam kedua:

Prosesi Penandatanganan MoA oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., melalui Kaprodi Biologi Universitas PGRI Palembang, Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., dengan Kepala SMA Negeri 1 Pampangan Rosidah, S.Pd., M.Si.

Caption foto dalam ketiga:

Ketua Prodi Biologi, FST Universitas PGRI Palembang Dewi Novianti, S.Si., M.Si., saat menjadi pemateri pada PkM di SMA Negeri 1 Pampangan OKI.

Caption Foto dalam ketiga.

Keenam dosen Prodi Biologi, FST Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Yunita Panca Putri, M.Si., dengan anggota Dewi Rosanti, M.Si., Ita Emilia, M.Si, Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., Dian Mutiara, M.Si., dan Dwi Warsari, S.H., M.H., saat menggelar PkM di SMA Negeri 1 Pampangan OKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button