Pendidikan

Universitas PGRI Palembang Gelar Sosialisasi, Penandatanganan MoU dan Pengabdian Masyarakat di SMAN 1, Tanjung Sakti Pumu, Lahat

 

SumselMedia.Com, Lahat-

Sebagai salah satu Universitas terbaik, di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang terus melakukan berbagai terobosan dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kali ini, Universitas yang terkenal dengan Cyber University ini menggelar sosialisasi, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (3/8/2021).

Penandatangan kerjasama tersebut ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR yang diwakili oleh Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr. Rohana, M.Pd dengan Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Sakti, Pumu, Kabupaten Lahat yang diwakili oleh Waka Kurikulum Nur Asni, S.Pd.

(Penyampaian materi PkM tentang Daftar Jurnal Terakreditasi oleh narasumber Agung Mahendra, M. Pd di SMA Negeri 1, Tanjung Sakti Pumu, Lahat)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus pemateri pada pelaksanaan PkM enam dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani, Universitas PGRI Palembang yang diketuai oleh Endie Riyoko, M. Pd, dengan anggota Dr. Tri Bayu Norito, M. Pd., Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M. Pd, Hikmah Lestari, M. Pd, Agung Mahendra, M. Pd dan Jujur Gunawan Manullang, M. Pd.

Dalam sambutannya, Ketua LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr. Rohana, M.Pd. mengatakan bahwa Universitas PGRI Palembang memiliki berbagai keunggulan dan kemudahan sehingga kini semakin diminati oleh masyarakat.

Apalagi, saat ini telah memiliki akreditasi B yang dilengkapi fasilitas laboratorium 5 lantai dan perpustakaan yang lengkap. “Selain fasilitas lengkap. Universitas PGRI juga memiliki akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan,” jelasnya.

(Penyampaian materi tentang Kiat menyusun Karya Tulis Ilmiah oleh narasumber Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M. Pd, di SMA Negeri 1, Tanjung Sakti, Mumu, Lahat)

Menariknya lagi, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Selain itu, bagi orang tua siswa anggota PGRI, akan mendapatkan diskon SPP hingga 50 persen dan bagi guru-guru yang akan melanjutkan S2, yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Univeritas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran sebesar Rp. 600.000;

“Kita mempunyai tiga program Studi di Pascasarjana, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Manajemen Pendidikan,” tukasnya.

Senada dengan itu dikatakan, Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat melalui Waka Kurikulum Nur Asni, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang atas kerjasama yang baru dilakukan melalui MoU.

Apalagi, kerjasama yang dilakukan juga diikuti dengan PkM tentang Penulisan Artikel Ilmiah bagi guru.

(Para guru SMA Negeri 1, Tanjung Sakti, Mumu, Lahat saat mendengarkan paparan narasumber PkM Universitas PGRI Palembang)

“Dengan adanya PkM ini semoga dapat membantu para guru kami dalam meningkatkan penulisan karya ilmiah dengan baik,” harapnya.

Sementara itu dikatakan Ketua PkM Endie Riyoko, M.Pd bahwa kemampuan menulis bagi seorang guru menjadi hal yang sangat penting. Apalagi, bagi pengembangan karirnya guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan karya tulis ilmiah.

Syarat ini seringkali menjadi penghambat kenaikan jenjang pangkat bagi guru mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka. Selain menjadi syarat bagi pengembangan karir, menulis juga menjadi sarana bagi pengembangan diri seorang guru.

“Selain itu, bagi kami Ini salah satu implementasi program wajib harus dilakukan dosen sebagai syarat melengkapi Tri Dharma perguruan tinggi/tugas dosen yang difasilitasi pihak kampus,” jelasnya.

Setelah kegiatan sosialisasi digelar, dan diikuti pelaksanaan MoU dan acara pembukaan PkM dilanjutkan pemaparan tim dosen yang melakukan PkM dengan masing-masing materi.

(Para siswa SMA Negeri 1, Tanjung Sakti, Mumu, Lahat saat mendengarkan paparan narasumber PkM Universitas PGRI Palembang)

Pengantar Karya Tulis Ilmiah disampaikan oleh narasumber Endie Riyoko, M. Pd, Komponen Karya Tulis Ilmiah oleh narasumber Dr. Tri Bayu Norito, M. Pd, Kiat menyusun Karya Tulis Ilmiah oleh narasumber Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M. Pd, Kiat menyusun Karya Tulis Ilmiah oleh narasumber Hikmah Lestari, M. Pd, Daftar Jurnal Terakreditasi oleh narasumber Agung Mahendra, M. Pd dan Penggunaan Mendeley oleh narasumbernya Jujur Gunawan Manullang, M. Pd.

Pelaksanaan program ini juga melibatkan dua mahasiswa yaitu Robi Fernando, Arie Setiawan dan alumni Teguh Hendrian. Pada kegiatan ini diikuti oleh peserta terdiri dari kepala sekolah, dan jajarannya, serta para guru SMAN 1 Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button