Pendidikan

Universitas PGRI Palembang Optimis Lulusan Fakultas Perikanan dan Kelautan tak Ada Yang Menganggur 

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas PGRI Palembang optimis lulusan Fakultas Perikanan dan Kelautan tidak ada yang menganggur. Apalagi, para mahasiswa telah dibekali dengan ilmu dan wawasan dari para dosen yang berpengalaman dan profesional.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si,CIQaR pada Yudisium Program Sarjana Strata 1 (S1) Program Studi Ilmu Perikanan di Ruang 402 Business and Science Center (BSC), Kamis (10/2/2022).

Turut hadir Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumatera Selatan Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakili oleh Wakil Ketua Drs. H. Djama’ ani Djakfar, M.Pd.,  Wakil Rektor I/II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR., Kepala LPPkM Dr. Rohana, M.Pd, CIQnR., Kepala BPAAM Dr. Misdalina, M.Pd, CIQnR., Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si., Wakil Dekan Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si., para Dekan, para dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan, Kepala UPT di lingkungan Universitas PGRI Palembang serta tamu undangan lainnya.

(Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si,CIQaR)

Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR dalam sambutannya menegaskan bahwa SDM Perikanan UPGRI Palembang ditempa menjadi alumni yang tidak boleh ada yang menganggur karena mereka mengikuti pendidikan vokasi.

“Artinya mereka bisa mandiri dan bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri.  Secara teknis beberapa Kabupaten/Kota mereka punya beberapa retorasi ikan, bibit anak ikan yang ditebar di sungai tapi  dua hari kemudian  banyak yang mati, karena antara air saat dimasukan ikan itu PH-nya tidak sama. Sebaliknya, orang-orang perikanan mampu menghitung PH- nya. Sayang kalau pemerintah di Sumsel  tidak memanfaatkan alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRI Palembang. Hanya UPGRI Palembang satu- satunya yang ada Fakultas Perikanan dan Kelautan,” ujarnya.

Padahal, lanjut Bukman bahwa masyarakat Sumsel sangat membutuhkan ikan  karena masyarakat  Sumsel sampai hari ini mengkomsumsi banyak ikan. Untuk itu Fakultas Perikanan dan Kelautan turun dengan kekuatan penuh bersama alumni untuk menolong masyarakat menghidupkan kembali agar ikan di Sumatera Selatan kembali berjaya seperti dulu lagi.

Selanjutnya, Bukman mengatakan untuk jumlah peminat Fakultas Perikanan dan Kelautan tahun 2021 ini sudah mulai naik. “Mudah-mudahan di tahun 2022 ini bakal naik lagi, maka dari itu sosialisasi yang kami targetkan, kami khususkan di Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin yang memang di seluruh daerahnya daerah perairan,” ujarnya.

(Foto bersama)

Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumatera Selatan Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H.,M.H diwakili oleh wakil  ketua YPLP PT –  PGRI Prov. Sumsel Drs. H. Jama’ani, Djakfar M.Pd mengatakan inovasi inovasi yang dilakukan Universitas PGRI Palembang sangat tepat . Menurutnya, ini merupakan stimulus yang tepat dan Yayasan sangat mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan Universitas PGRI Palembang untuk kemajuan dunia pendidikan.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti, SSi, MSi mengatakan dalam menyiapkan lulusan yang siap terjun ke masyarakat beberapa upaya telah dilakukan.

Salah satunya dengan meningkatkan keterampilan dan mengenalkan lulusan ke dunia kerja, Dalam proses pembelajaran seluruh Sarjana baru telah dibekali ilmu yang mumpuni mulai dari penyusunan mata kuliah Entrepreneur hingga pengenalan penggunaan Teknologi Informasi (IT) Indah berharap bekal yang telah diberikan selama menempuh perkuliahan dapat diterapkan dengan baik dan benar di keluarga, lingkungan kerja, dan masyarakat.

“Sarjana baru yang telah dilantik telah kita bekali ilmu yang mumpuni, sehingga setelah lulus mereka tidak hanya bekerja tetapi kita dorong untuk membuka lapangan kerja, sesuai dengan visi Universitas PGRI Palembang menghasilkan lulusan yang berkarakter dan inovatif, juga santun, amanah, unggul, dan berdaya saing,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button