PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

UPGRIP Bakal Batalkan Gelar Akademik Jika Terbukti Plagiat

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pihak Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) akan membatalkan gelar akademik yang dimiliki alumni jika karya ilmiah, baik itu skripsi maupun tesis terbukti plagiat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si., CIQaR pada acara Yudisium Ke-37 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang di Aula H. Aidil Fitri Syah Lantai 5 Gedung Business and Science Center, Selasa (8/3/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua BPH PB PGRI Palembang yang diwakili oleh Sekretaris Drs. Surmana, M.M, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M
M., M.Si., CIQaR, Para wakil Rektor I/II dan Wakil Rektor 3, Plt Direktur Pascasarjana UPGRIP Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQaR, Plt Asisten Direktur Dr. Mulyadi, MA, para Dekan, para Kaprodi dan para tamu undangan lainnya dilingkungan Universitas PGRI Palembang.

(Pengalungan gordon oleh Plt Direktur Pascasarjana UPGRIP Dr. Syaiful Eddy, M.Si)

Dalam kesempatan tersebut, Dr. H. Bukman Lian, M.M, M.Si., CIQaR juga mewanti-wanti semua unsur dosen dan pejabat turnitin di UPGRIP untuk benar-benar menjalankan tugas agar bagi karya tulis baik skripsi maupun tesis memiliki turnitin tidak boleh lebih dari 40 persen.

“Jadi terkait plagiat, jangan main-main. Karena semua mahasiswa membuat surat pernyataan karya tulis tesisnya adalah murni karya sendiri. Bahkan jika terbukti, sangsi paling berat adalah pembatalan gelar akademik,” ujarnya.

Lanjutnya, saat ini UPGRIP Palembang telah menjalankan perkuliahan dengan sistem blanded learning yakni kombinasi daring dan luring. Pihaknya berharap jika Pandemi Covid-19 terus melandai maka proses wisuda secara serentak akan digelar secara tatap muka.

(Foto bersama)

Senada dengan itu dikatakan, Plt Direktur Pascasarjana UPGRIP Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQaR menyampaikan bahwa peserta Yudisium Ke-37 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang sebanyak 155 mahasiswa. Terdiri dari 118 mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan, 25 Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan 12 Magister Pendidikan Bahasa Inggris. “Melalui kesempatan ini kami ucapkan selamat kepada para peserta Yudisium. Jaga nama almamater dan selamat berkarya,” jelasnya.

Tak lupa ia berpesan kepada para peserta yudisium agar mengajak kepada keluarga, kerabat, dan rekan untuk mengajak agar bisa menempuh pendidikan Pascasarjana di UPGRIP.

Sementara itu dikatakan Ketua BPH PB PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, SH., MH yang diwakili Sekretaris Drs. Surmana, MM menyampaikan kepada para peserta yudisium bahwa hari ini bukan hari terakhir dalam menimba ilmu. Ubahlah mindset untuk tetap terus berkembang. Jangan berpikir bahwa dalam menuntut ilmu hanya mengejar ijazah dan gelar.

“Selamat berkarya dan berkontribusi untuk bangsa ditempat satuan pendidikan Bapak dan Ibu mengajar dan memimpin. Sebagaimana pesan Ali Bin Abi Thalib ajarkanlah anak-anak bangsa sesuai dengan zamannya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button