PGRI

............

Pendidikan

UPGRIP Gelar Kuliah Umum Kolaborasi Prodi Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Matematika

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Dengan berkolaborasi, Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar kuliah umum yang dilaksanakan di ruang GPM FKIP Gedung C Lantai 1, Selasa (20/12/2022).

Kuliah umum dengan tema “Integrasi Nilai-nilai Sejarah dan Budaya Lokal dalam Pembelajaran” ini dibuka langsung langsung oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd.

(Suasana peserta saat mengikuti kuliah umum secara daring)

Turut hadir wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, M.M., M.Si., CIQaR, Ketua Pelaksana Dina Octaria, S.Si., M.Pd, serta dosen-dosen Pendidikan sejarah dan penddikan matematika di lingkungan UPGRIP.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Drs. Sukardi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kuliah umum ini sebagai bentuk pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu berupa pengajaran pada semester genap tahun Akademik 2021/2022.

(Suasana pembukaan kuliah umum secara daring)

“Selain itu, sebagai pengembangan akademik pada program studi pendidikan sejarah dan pendidikan matematika berupa kuliah umum dan meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme bagi mahasiswa progam studi pendidikan sejarah dan pendidikan matematika serta masyarakat Umum dalam berupaya mempelajari lebih dalam mengenai nilai sejaran dan budaya lokal serta integrasinya dalam pembelajaran,” ujarnya.

Sementara itu dikatakan Ketua Pelaksana Dina Octaria, S.Si., M.Pd bahwa kegiatan ini dilakasanakan secara Hybrid melalui Zoom Meeting dengan narasumberi oleh Prof. Dr. Turmudi, M.Sc yang merupakan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia dengan materi Etnomatematika, Integrasi Budaya dalam Pembelajaran Matematika.

Kemudian Dr. Basuki Wibowo, M.Pd. dari IKIP PGRI Pontianak dengan Sejarah Lokal sebagai bukti Kekayaan Budaya Nusantara, dan Dr. Nur Ahyani, M.Pd dari UPGRIP dengan materi Nilai-nilai Sejarah dan Budaya Lokal dalam menumbuhkan Karakter Siswa di sekolah.

(Suasana penyampaian materi kuliah umum)

“Kuliah umum ini juga diikuti oleh Ikatan Alumni Pendidikan Sejarah (IKAPS) PGRI Palembang, Forum Alumni Pendidikan Matematika, Anggota P3SI, AGSI dan masyarakat Umum dan berbagai perguruan tinggi antara lain Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Baturaja, Universitas Kusuma Bangsa Jakarta, Universitas Muhamadiyah Palembang, UIN Gunung Djati Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, IKIP PGRI Pontianak dan SMK Negeri Semarang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button