PGRI

............

Pendidikan

UPGRIP Loloskan Tim di KMI EXPO XIII UPN Veteran Jawa Timur

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Setelah melalui berbagai tantangan akhirnya, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) berhasil meloloskan timnya melalui kegiatan KMI EXPO XIII UPN Veteran Jawa Timur yang dipusatkan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 22-25 November 2022.

Program Hibah Dikti KMI EXPO XIII dan Akademik Award tahun 2022 melalui Kepala LPKM Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Rohana, M. Pd dan Dosen Pembimbing Kewirausahan lainnya.

(Flyer KMI XII Tahun 2022 di Jawa Timur)

KMI EXPO XIII UPN Veteran Jawa Timur merupakan representasi dari semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui Direktorat Pembelajaran dan
Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan program kewirausahaan yang dilaksanakan melalui berbagai bentuk kegiatan, yaitu Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM).

Pada tahun ini UPGRIP ikut berpartisipasi dalam kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) berhasil meloloskan 4 tim yang mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek Dikti untuk mengembangkan usahanya.

Dari 4 tim yang lolos pendanaan tersebut, terdapat kegiatan pelaporan setiap bulannya, dan juga ada Pelaporan Kemajuan usaha, dengan adanya pelaporan tersebut, diseleksi lagi untuk dapat mengikuti kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI EXPO 2022).

Dari 4 tim tersebut, 1 Tim dari UPGRIP yaitu Usaha dengan Nama Olahan Rempah Kuliner Kreatif EPr (OReK EPr) yang di Ketuai oleh Eem Prakas mahasiswa dari Program Studi Manajemen dan Rismansyah, SE, M.Si sebagai Dosen Pembimbing berhasil lolos untuk mengikuti KMI EXPO AWARD 2022 secara Nasional di UPN Veteran Surabaya.

Ketua Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP sekaligus Dosen Pembimbing Rismansyah, S.E., M.Si mengatakan KMI EXPO AWARD diikuti 237 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Kegiatan diawali dengan parade 237 Perguruan Tinggi se-Indonesia kemudian membuka dan menghias Boots Stand Kewirausahaan Mahasiswa selama 4 hari, berkompetisi memamerkan, dan menunjukkan taktik pemasaran setiap tim Wirausaha dari P2MW & IWDM. Jumlah Booth Wirausaha Mahasiswa tersebut sebanyak 400 Booth, dan kegiatan Expo ini di ikuti oleh Ribuan Peserta Mahasiswa, dan Dosen Pendamping.

Selanjutnya kegiatan yang dilakukan adalah presentasi mengenai kemajuan usaha masing-masing tim, dengan membawa produk dan menggunakan tampilan menarik, seperti ciri khas daerah masing-masing.

“Dan pada kegiatan ini kelompok OReK EPr dari Universitas PGRI Palembang mendapatkan jadwal Presentasi tanggal 24 November 2022 jam 13.00-13.15 WIB,” ujarnya.

Dikatakannya, pada tanggal 23 November rangkaian kegiatan KMI EXPO dalam Acara Serasehan Perhimpunan Mahasiswa Wirausaha Indonesia (PMWI), Eem Prakas Mahasiswa UPGRIP terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PMWI Sumatera Selatan, dan langsung dilantik bersama DPD terpilih dari provinsi yang ada di Indonesia, disaksikan oleh ribuan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.

(Eem Prakas Mahasiswa UPGRIP)

“Alhamdulillah produk dan masakan laris disana, sampai produk yang kami bawa dari Palembang sudah habis, dan banjir orderan dari para pengunjung pameran kewirausahaan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim dari UPGRIP dengan Wirausaha bernama Olahan Rempah Kuliner Kreatif EPr (OReK EPr) Eem Prakas dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP mengatakan bahwa pada kegiatan Booth stand Pameran Produk Wirausaha, kelompok P2MW UPGRIP memamerkan produknya berupa bumbu pindang Instan, dan berinovasi memasak Pindang bakso pada hari kedua. Kemudian hari ketiga memasak Pempek Laksan yang dibuat dengan Bumbu Pindang Instan hasil Produksi Tim P2MW OReK EPr Universitas PGRI Palembang.

“Dan tanggapan dari mahasiswa dan masyarakat yang hadir sangat antusias dan menyukai hasil masakan kreasi bumbu pindang instan ini. Produk dari Olahan Rempah Kuliner Kreatif EPr (OReK EPr) ini sendiri adalah Inovasi dari Bumbu Pindang dimana bumbu pindang yang biasanya basah, di buat menjadi bumbu kering Instan siap pakai,” ujarnya.

(Suasana kegiatan Booth stand Pameran Produk Wirausaha, kelompok P2MW UPGRIP)

Pihaknya berharap wirausaha mahasiswa Indonesia diharapkan menjadi generasi muda yang bisa menyesuaikan diri dalam kondisi apapun, peka terhadap permasalahan, membuat usaha yang inovatif
dan berkelanjutan, memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi bangsa.

“Khususnya di masa pasca
pandemi sekarang ini, saatnya generasi muda ikut berkontribusi untuk pemulihan ekonomi yang lebih
cepat, membuat Indonesia akan bangkit lebih kuat,” pungkasnya.

Sementara Rektor Universitas PGRI Palembang Dr.H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CiQaR. mengungkapkan apresiasi tinggi terhadap tim terpilih sebagai ketua Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Mahasiswa Wirausaha Indonesia (PMWI) Provinsi Sumatera Selatan Periode 2022/2023, Eem Prakas mahasiswa Program Studi Manajemen FEB UPGRIP dan dosen pendamping KMI EXPO XIII UPN Veteran Jawa, Rismansyah, S.E., M.Si.

(Foto bersama)

Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang akan dijadikan sekretariat Daerah Perhimpunan Mahasiswa Wirausaha Indonesia (PMWI) Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini menjadi motivasi seluruh mahasiswa untuk berwirausaha dan membentuk kepengurusan Perhimpunan Mahasiswa Wirausaha Indonesia (PMWI) Provinsi Sumatera Selatan Periode 2022/2023. “Insya allah akan menjadi lebih baik dan maju serta ” Universitas PGRI Palembang semakin Melaju dengan Mutu,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button