PGRI

............

Olahraga

Waw, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UBD Produksi Film Pendek

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Talenta para mahasiswa Universitas Bina Darma (UBD) Palembang memang tak diragukan lagi. Berbagai prestasi yang ditorehkan para mahasiswa UBD terus bermunculan.

Kali ini, ternyata mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia UBD tak hanya piawai dalam tata bahasa juga pandai dalam memproduksi film pendek.

(Tampilan layar film pendek ‘Ade Bae Lokaknye’)

Benar saja, mahasiswa semester tiga Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bina Darma menciptakan film pendek, dalam rangka memenuhi nilai pada mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra.

Dibagi menjadi dua kelompok, sejak September 2022 hingga Januari 2023, para mahasiswa berhasil menciptakan dua kisah yang berbeda dalam dua judul film.

(Dosen UBD saat menyaksikan film pendek)

Film pertama berjudul ‘Ade Bae Lokaknye’ menceritakan tentang hambatan seorang pemuda yang sedang berjuang menuju lokasi tes wawancara kerja. Beberapa hambatan itu menggagalkan Adi, yang diperankan oleh Prisko untuk ikut tes wawancara. Namun, ditengah permasalahan itu, tiba-tiba ia mendapatkan ‘lokak’ tawaran pekerjaan dari saudaranya.

Sedangkan judul film kedua, ‘Ujian Masuk’ menceritakan tentang pertentangan seorang calon mahasiswa dengan ibunya yang meminta ia untuk tidak melanjutkan kuliah, tapi langsung menerima tawaran nikah dari seorang pria dengan alasan ekonomi.

(Siswa-siswi SMA saat menyaksikan film pendek)

Selain itu juga, penyebab lainnya karena adanya perbedaan pandangan masyarakat, bahwa setinggi-tingginya tingkat ilmu seorang perempuan, nantinya akan menjadi ibu rumah tangga juga.

Kedua film tersebut berhasil digarap dibawah arahan Andina Muchti, M. Pd. selaku Dosen Pengampu pada mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Universitas Bina Darma.

“Ini bagian dari pengambilan nilai akhir mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas mereka di bidang bahasa dan sastra,” ujar Andina Muchti, M. Pd.

Lebih lanjut, Andina Muchti, M. Pd. menjelaskan bahwa salah satu cara agar mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas, yaitu melalui pembuatan film pendek tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button