PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

UPGRIP Apresiasi 17 Jurnal Terakreditasi SINTA

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengapresiasi sebanyak 17 jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) yang terakreditasi SINTA (Sience and Teknologi Index).

Apresiasi tersebut disampaikan pada acara sosialisasi Keputusan Ditjend Dikti Kemendikbudristek No.134/E/KPat/2021 Tentang Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah Serta Pemberian Reward Kepada Jurnal di Lingkungan UPGRIP yang terakreditasi SINTA di Gedung BSC, Aula Drs. H. Aidil Fitri Syah, Palembang, Selasa (22/3/2022).

Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua BPH PB pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., Wakil Ketua BPH PB Drs. Djama’ani Djakfar, M.Pd., Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor I/II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR., Kepala BPM Dian Nuzulia Armeiriena, M.Pd., Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR., Direktur Pascasarjana, para Dekan dan Dosen  di lingkungan Universitas PGRI Palembang serta tamu undangan lainnya.

(Ketua Pelaksana sekaligus Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR  saat memberikan sambutan)

Ketua Pelaksana sekaligus Kepala LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR  dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini mengusung tema Menuju Jurnal Nasional Terakreditasi berdasarkan Keputusan Ditjen Dikti Kemdikbudristek Nomor 134/E/KPT/2021.

“Dengan tema ini diharapkan pengelola jurnal dapat mengusulkan akreditasi dan reakreditasi jurnal berdasarkan ketentuan yang berlaku. 28 jurnal ilmiah di lingkungan UPGRIP yang terdiri dari 26 jurnal penelitian, 1 jurnal penelitian mahasiswa, dan 1 jurnal pengabdian,” ujarnya.

Lanjut Rohana, ditinjau dari penyebaran jurnal-jurnal tersebut di Fakultas terinci yakni 13 ada di FKIP (9 sudah terakreditasi), 3 di FEB (1 sudah terakreditasi), 3 di FT(sudah terakreditasi semua), 3 di FST (2 sudah terakreditasi), 1 di FPK(sudah terakreditasi), serta 3 di PPs(1 sudah terakreditasi) dengan pengelolaan ada di Fakultas dan ada di Program Studi.

Dari 28 jurnal tersebut, 17 sudah terakreditasi mulai dari peringkat SINTA 6 hingga SINTA 3, yang akan diberikan penghargaan dan reward uang pembinaan. Sedangkan sisanya 11 jurnal, 3 sedang proses penilaian, mudah-mudahan hasilnya baik, 1 jurnal (mediasi) sudah mengajukan akreditasi, 1 jurnal belum cukup umur untuk pengajuan akreditasi, dan 6 jurnal proses pengajuan ARJUNA.

Menurutnya melalui kegiatan sosialisasi dan pemberian penghargaan ini diharapkan, kita semua secara bersama-sama dapat meningkatkan kualitas dan reputasi jurnal ilmiah di lingkungan universitas PGRI Palembang tercinta ini.

“Khususnya bagi pengelola jurnal ilmiah di lingkungan UPGRIP, untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu terbitannya, serta menjadikan jurnal ilmiah sebagai wahana komunikasi ilmiah antara peneliti, akademisi, dan masyarakat pengguna,” jelasnya.

Senada dengan itu dikatakan Wakil Rektor I/II Universitas PGRI Palembang Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR mengaharapkan dengan adanya kegiatan ini pengelola jurnal dapat melakukan penilaian akreditasi jurnal secara mandiri, melakukan perbaikan  jurnal berdasarkan standarisasi akreditasi yang telah ditentukan oleh Dirjen Dikti (terakreditasi).

“Siap untuk submit jurnal pada Arjuna, dan berharap pada tahun selanjutnya seluruh jurnal Universitas PGRI Palembang terakreditasi SINTA,” harapnya.

Sementara itu Ketua BPH PB pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., berharap agar jurnal dapat berkontribusi sebagai wadah peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal Universitas PGRI yang terakreditasi SINTA. “Selamat kepada para dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang. Semoga ke depan ini terus ditingkatkan,” terangnya.

Pada kegiatan ini juga diikuti, paparan ini pemateri atau narasumber diantaranya   Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR (Pembinaan dan pemberian reward) yang diwakili oleh Warek I/II. Dr. Yasir Arafat, S.E., MM
, CIQaR. Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR: Laporan Keadaan Jurnal di Lingkungan Universitas PGRI Palembang, Ilham Arvan Junaidi, M.Pd.,: Sosialisasi Keputusan Ditjen Dikti Kemdikbudristek  Nomor 134/E/Kpt/2021 Tentang Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah Instrumen

dan Nita Nurdiana, M.T : Sosialisasi Indeksasi Directory Of Open Access Journal (DOAJ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button