PGRI

............

Opini

ADAKAH DAMPAK POSITIF DARI BANJIR

Penulis: Dita Sari (Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang)

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Hujan yang turun sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Banjir besar membuat puluhan ribu orang mengungsi dan sedikitnya 16 orangmeninggal dunia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat banjir melanda Jakarta di 158 kelurahan di 38 kecamatan atau sekitar 86persen dari total 44 kecamatan di DKI Jakarta.
Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Ridwan mengatakan total pengungsi per 1 Januari 2020 mencapai 31.232 orang yang berada di 269 lokasi pengungsian.

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bersama jajaran pemerintah kota administrasi telah mendistribusikan bantuan makanan siap saji, karpet, selimut, popok, pembalut wanita, hingga makanan pokok, seperti beras, telur, minyak goreng, sarden, dan kecap. Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan posko penerimaan bantuan banjir DKI Jakarta di lima wilayah kota administrasi, sehingga masyarakat dapat turut menyumbangkan bantuan melalui posko tersebut.

Curah hujan ekstrem sebesar 150 milimeter (mm) per hari yang turun cukup merata di wilayah DKI Jakarta sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1), menjadi memicu banjir besar. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat curah hujan 377 mm/hari di wilayah Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, merupakan rekor baru curah hujan tertinggi sepanjang ada pencatatan hujan di Jakarta dan sekitarnya sejak pengukuran pertama kali dilakukan pada 1866.Penyebab banjir di Jakarta sejatinya bukan hanya masalah curah hujan ekstrem dan fenomena meteorologis.

Terdapat beberapa faktor lain, seperti besarnya limpasan air dari daerah hulu, berkurangnya waduk dan danau tempat penyimpanan air banjir, permasalahan menyempit dan mendangkalnya sungai akibat sedimentasi dan penuhnya sampah, rendaman rob akibat permukaan laut pasang, serta faktor penurunan tanah atau groundsubsidence yang meningkatkan risiko genangan air.

Namun, curah hujan ekstrem paling dominan sebagai penyebab banjir di Jakarta.Banjir tidak hanya disebabkan kerusakan ekosistem, juga ulah manusia yang tidak menjaga kebersihan. “Banjir ini ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada, tetapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah ke mana-mana.

Genangan air juga disebabkan oleh isu lama, yaitu tertutupnya permukaan tanah yang dilapis beton atau material yang menahan air untuk meresap dalam tanah. Pertumbuhan penduduk dan ekonomi, pembangunan infrastruktur yang massif serta urbanisasi menyebabkan okupasi lahan semakin sempit. Saluran dan tangkapan air (waduk, sungai, kanal banjir, drainase dan ruang terbuka hijau) yang ada kapasitasnya kurang untuk menampung volume air yang besar akibat curah hujan yang ekstrem. Aliran dan sempadan sungai menyempit karena sebagian sungai di Jabodetabek mengalami pendangkalan. Beberapa daerah resapan dan waduk juga kurang maksimal karena berubah fungsi.

Untuk mengelola dan mengurangi aliran air yang berlebihanpemerintah perlu mengembalikan fungsi sungai. Pemeliharaan dan pengerukan harus menjadi prioritas dan program wajib dan rutin pemerintah. Kebijakan yang segera perlu dipercepat adalah realisasi pengelolaan sampah yang terintegrasi dan modern pemerintah perlu mengembalikan fungsi sungai. Pemeliharaan dan pengerukan harus menjadi prioritas dan program wajib dan rutin pemerintah

Selain kebijakan struktural di atas, untuk mengurangsi risiko banjir adalah perilaku manusia juga perlu berubah. Komitmen, kedisiplinan, dan keberanian serta terobosan pengambil kebijakan sangat diperlukan–termasuk keberanian untuk menegakkan hukum secara konsisten.merintah DKI Jakarta hanya mengirimkan surat teguran kepada salah satu hotel yang melanggar peraturan daerah tentang sumur resapan, instalasi pengolahan limbah, dan pemanfaatan air tanah. Kita ingin kerja sama itu dibangun mulai dari pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, sehingga semuanya bisa tertangani dengan baik.

Penanganan bencana banjir bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat atau pemerintah daerah saja, tetapi harus melibatkan semua pihak, termasuk masyarakat.
Dibalik bencana banjir tentu akan membawah dampak positif dan negatif, dimana dampak negatif sangat terasa oleh masyarkat berikut dampak negatif dari bencana banjir: banyak korban yang meninggal dunia,kerusakan rumah dan isi didalamrumah bahkan sarana prasarana,masyarakatjuga akan sulituntuk bekerja selama banjir terjadi.Hal tersebut tentu membuat masyarakat rugi dari sisi ekonomi.

Banjir yang terjadi umumnya bisa menimbulkan masalah kesehatan,masalah kesehatan yang terjadi biasanya masyarakat yang terkena dampak banjir akan terkena berbagai macam penyakit.Banjir juga memiliki dampak positif:banjir dapat membersihkan segala limbah dan polutan yang berada di sungai.

Dampaknya ekosistem sungai seperti ikan lele, tumbuhan, dan segala jenis hewan yang hidup di sungai akan berkembang dengan baik. Stok ikan yang hidup di sungai seperti ikan lele akan bertambah setelah banjir surut. Walaupun banjir membawah dampak posifit namun untuk mendapakan dampak posifit dari banjir tentu bisa dengan cara lain, banjir masih banyak membawah dampak negatif dibandingkan dampak positif untuk itu sudah sepatutnya semua lapisan masyarakat mencegah terjadi banjir.

2 Comments

  1. Wow, incredible blog format! How lengthy have you been running a blog for?
    you make blogging glance easy. The entire look of your site is fantastic, as neatly
    as the content! You can see similar here sklep internetowy

  2. My developer is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on various websites for
    about a year and am concerned about switching to another platform.
    I have heard excellent things about blogengine.net.

    Is there a way I can transfer all my wordpress
    posts into it? Any help would be really appreciated!
    I saw similar here: Sklep internetowy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button