Pendidikan

Alami Penurunan Jumlah Siswa Hingga 40 Persen, YPLP PGRI Sumsel ‘Sentil’ Sekolah Negeri Hingga Gubernur

 

SumselMedia.com, Palembang-

Pihak Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Perwakilan PGRI Sumsel menyatakan tahun ini mengalami penurunan drastis hingga 40 persen pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021.

Penurunan tersebut membuat dampak signifikan bagi 114 sekolah PGRI di Sumsel. Dan hal tersebut setidaknya dikarenakan dua hal.

Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Perwakilan PGRI Sumsel Hasanudin SPd MSi mengatakan dampak pertama karena Pandemi Covid-19. Namun ada dampak yang paling penting yang harus dievaluasi semua stakeholder.

“Selain dampak Pandemi, kita ingin Pak Gubernur membatasi penerimaan siswa bagi sekolah negeri,” ujar Hasanudin disela-sela menghadiri Rakor YPLP PGRI Sumsel di Aula Asrama Haji Palembang, Jumat (18/6/2021).

Ia menilai banyak isu yang berkembang bahwa sekolah negeri semena-mena menambah kuota siswa sehingga ini sangat berpengaruh kepada penerimaan sekolah swasta.

“Bahkan yang berkembang, ada penambahan kelas di masing-masing sekolah,” sesalnya.

Hasanudin menegaskan bahwa setidaknya ada 114 sekolah PGRI yang ada di Sumsel dari jenjang SD hingga SMA. Jumlah tersebut menurutnya kondisi sekolah sangat representatif dengan sarana dan prasarana yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button