Pendidikan

SMKN 6 Sabet Tiga Keping Emas di LKS SMK Tingkat Sumsel 2021

//Lomba Kompetensi Siswa//

 

SumselMedia.com, Palembang-

Setelah melalui rangkaian persiapan dari latihan hingga pelaksanaan, akhirnya Tim SMK Negeri 6 Palembang berhasil menyabet tiga keping medali emas pasa Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK tingkat Sumatera Selatan.

SMK Negeri 6 Palembang sendiri sebagai sekolah Pariwisata mengikuti 5 cabang lomba yaitu Fashion Teknology, Cooking, Pastry, Hairdressing, dan Beauty Theraphy. Sebagai pemenang dari 5 cabang lomba keahlian berhak mewakili untuk mengikuti di tingkat provinsi Sumatera Sumatera Selatan. Pada jenjang tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini diikuti oleh 17 kabupaten kota.

“Kegiatan LKS ini didukung oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam mengikuti perkembangan IPTEK dan memenuhi Visi Indonesia 2045. Untuk menghadapi even tahunan ini di tingkat provinsi, persiapan yang dilakukan oleh SMK Negeri 6 Palembang adalah dimulai mencari calon peserta yang unggul pada penerimaan peserta didik baru untuk calon peserta lomba,” ujar Kepala SMK Negeri 6 Palembang, Drs H Zulfikri MPd, Sabtu (19/6/2021).

Ia menambahkan bahwa pelatihan- pelatihan dilaksanakan secara spartan dan di jadwalkan pada kegiatan ektra kurikuler dan di masukkan pada rencana kerja anggaran sekolah pada kolom standar kelulusan. Pelatihan ini dilaksanakan pada jenjang kelas X, XI dan XII pada siswa yang telah terpilih dari masing masing kompetensi keahlian tata boga, tata kecantikan, tata busana dan perhotelan dengan menggunakan panduan soal dan kisi – kisi dari LKS sebelumnya.

Pelatihan ini di bimbing oleh alumni peserta LKS sebelumnya dan guru pembimbing dari sekolah dan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. Semua persiapan harus dilakukan secara detail, seperti: pembentukan panitia, jadwal pelatihan, sarana yg dibutuhkan, pelatih dan peserta lomba. Mental dan disiplin para peserta pelatihan terus dimotivasi sehingga dapat terpilih yang terbaik untuk mewakili sekolah.

Hasil peningkatan pelatihan dilaporkan secara berjenjang kepada kepala sekolah. Sehingga hasil yang di dapatkan dapat dievaluasi kelebihan dan kekurangannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa hari sebelum perlombaan, peserta perlu di karantina di hotel Edotel SMK Negeri 6 Palembang untuk mencapai peak performance yang diinginkan sehingga peserta lebih fokus mengikuti lomba di tingkat provinsi. Peserta lebih di gembleng mental dan rasa percaya diri karena lawan yang dihadapi kemampuannya lebih baik.

“Jangan pantang menyerah untuk menjadi juara”pada bidang lomba yang diikuti. Motto ini yang harus ditanamkan pada peserta lomba sehingga mereka selalu memperbaiki dan meningkatkan diri terus menerus agar mereka dapat jadi juara ditingkat provinsi,” terangnya.

Dari hasil kerja keras, akhirnya SMK Negeri 6 mendapatkan 3 emas (juara) yaitu  Hairdressing, Beauty Theraphy dan Cooking. 1 perak untuk Pastry. Fashion Technology tidak mendapat juara. Kegiatan lomba LKS tingkat provinsi ini dilaksanakan pada tanggal 9 sampai tgl 11 Juni tahun 2021. Sebagai juara 1 pada bidang lomba hairdressing dan beauty theraphy perlu pengembangan skill para peserta.

Salah satu bentuk pelatihan yang diikuti saat ini yang sedang berlansung adalah merias make up artis pada kegiatan Palembang telenovela ” The Liems Family in the old river house” untuk pangsa pasar dalam dan luar negeri. Pembuatan film ini berkerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk memperkenalkan wisata yang ada di Sumatera Selatan.

Karya film ini merupakan besutan dari sutradara Bali. Keterlibatan juara LKS ini agar Supaya mereka lebih terlatih lagi sebelum mereka dimagangkan di Martha Tilar di Jakarta dan Poltek Pariwisata Sumsel untuk dilatih oleh orang – orang yang profesional untuk menghasilkan juara di tingkat Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button