PGRI

............

Ekobis

Antisipasi Uang Palsu, BI Sumsel Imbau Masyarakat Tak Tukar Uang di Penukaran Ilegal

SumselMedia.Com, Palembang-

Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran uang pecahan baru agar tidak menukarkan pada penukaran ilegal yang sering terjadi menjelang IdulFitri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ricky P Gozali saat meninjau Layanan Penukaran Terpadu di Lapangan DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (3/4/2024).

“Jadi dengan kita lakukan penukaran resmi ini akan meminimalisir peredaran uang palsu, karena kalau masyarakat menukar uang di pinggir jalan yang jelas ada biaya tambahan dan kedua kita tidak yakini uang itu asli,” ujarnya.

Ricky mengimbau agar masyarakat bisa melakukan penukaran uang pecahan baru melalui event-event resmi yang dilakukan Bank Indonesia dengan bekerjasama dengan Perbankan. Seperti pada Layanan Penukaran Terpadu di Lapangan DPRD Provinsi Sumatera Selatan yang bekerjasama dengan sembilan Perbankan di Palembang.

Penukaran dilayani sejak 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dari 3-4 April 2024 dengan terlebih dahulu masyarakat memesan secara online melalui Aplikasi Pintar. Diakui bahwa tingginya animo masyarakat akan layanan penukaran uang membuat proses layanan terus ditambah. Sebut saja hari pertama Penukaran Terpadu di Lapangan DPRD Provinsi Sumatera Selatan, petugas membuka kembali layanan online yang sebelumnya 1.000 menjadi lebih dari 1.000 orang.

Ricky menambahkan pada tahun ini, BI Sumsel menyediakan uang lebih besar dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 5,3 Triliun, naik 12 persen dari tahun sebelumnya sebesar 4,7 Triliun.

“Kenaikan ini diperkirakan karena pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan semakin baik, dan perekonomian terus tumbuh,” pungkasnya.

Sementara itu, Siti salah satu masyarakat yang menukar uang pada Layanan Penukaran Terpadu di Lapangan DPRD Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan bahwa ia sebelumnya memesan melalui Aplikasi PINTAR secara online.

“Cukup mudah kalau kita pahami, tapi memang kita harus datang pagi, agar antriannya tidak terlalu panjang. Apalagi ini kan cuaca panas, jadi bagi yang mau tukar besok silahkan datang pagi biar tidak antri panjang,” pesannya.

Back to top button